STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS STAF ORGANISASI HIDAYATULLAH

 0
STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS STAF ORGANISASI HIDAYATULLAHby Hanif Seon.STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS STAF ORGANISASI HIDAYATULLAHSTRATEGI  MENINGKATKAN KUALITAS STAF ORGANISASI HIDAYATULLAH DITULIS OLEH ; ROZIKIN             SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI HIDAYATULLAH DEPOK-INDONESIA JL. RAYA KALIMULYA RT 01/01KELURAHAN KALIMULYA KECAMATAN SUKMAJAYA KOTA DEPOK JAWA- BARAT BAB 1. PENDAHULUAN A.latar Belakang Masalah             Manisia dalam suatu organisasi memiliki peran sentral dalam menggerakkan roda perkembangan dan laju produktivitas organisasi. Mengingat peran yang cukup […]

STRATEGI  MENINGKATKAN KUALITAS STAF ORGANISASI HIDAYATULLAH

DITULIS OLEH ; ROZIKIN

           

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI HIDAYATULLAH DEPOK-INDONESIA

JL. RAYA KALIMULYA RT 01/01KELURAHAN KALIMULYA KECAMATAN SUKMAJAYA KOTA DEPOK JAWA- BARAT

BAB 1. PENDAHULUAN

A.latar Belakang Masalah

           
Manisia dalam suatu organisasi memiliki peran sentral dalam menggerakkan roda perkembangan dan laju produktivitas organisasi. Mengingat peran yang cukup dominan tersebut, maka segala upaya dilakukan untuk menentukan sebuah sistem yang mengatur kinerja manusia agar lebih efektif dan efesien dalam organisasi akan terus dilakukan. Belum lagi menghadapi laju modernisasi dan perkembangan tehnologi yang menuntuk institusi organisasi untuk peka dan responsif terhadap tuntutan zaman.
           
Kualitas sumber daya manusia mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan dan kemajuan organisasi. Sumber daya manusia merupakan aset penting yang sangat berharga dalam menunjang keberhasilan organisasi. Oleh kerenaitu, agar sebuah organisasi atau sebuah perusahaan dapat lebih berkembang secara optimal, maka rekrutmen terhadap terhadap orang-orang potensial bermotivasi tinggi untuk mengembangkan sumberdaya manusia, menjadi pilihan yang strategis yang harus dilakukan oleh pengelola organisasi. Manusia sebagai sumber daya potensial merupakan suatu kekuatan suatu organisasi, sebab manusialah yang menggerakkan organisasi. Begitu pula sebaliknya, menggerakkan organisasi berarti harus menggerakkan manusia.
           
Produktivitas dan kinerja yang tinggi akan lebih menjamin, jika organisasi mempunyai cara yang tepat untuk menjaga produktivitas karyawan dan staff. Melalui pemeriksaan psikologi dalam rekrutmen dan seleksi, organisasi akan memperoleh karyawan potensial yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Demikian pula halnya untuk evaluasi potensi dan promosi karyawan dapat dilakukan pemeriksaan psikologik yang berkaitan dengan prestasi kerja sehingga menajemen dapat mengambil keputusan dan penanganan yang tepat dalam mengembangkan SDM organisasi atau perusahaan (ubaya; 2002).   Sebagaimana layaknya sebuah organisasi, salah satu pungsi strategis yang memiliki peranan penting adalah sumberdaya manusia mengingat peran staff yang cukup dominan terhadap tingkat resiko operasional organisasi maka, kualitas dan lingkungan kerja organisasi harus ditingkatkan. Ketidak mampuan manajemen organisasi dalam mengelola sumber daya manusia dapat menyebabkan tingkat resiko operasional yang berbahaya. Investasi terhadap sumberdaya manusia memang tidak dapat diukur keuntungannya dalam jumlah rupiah, tetapi akan dapat diamati dan did-rasakan keberadaan nya. 
‘’orang –orang kami adalah aset kami yang paling penting .’’ itulah kalimat yang di pegang oleh banyak organisasi atau yang mirip dengan itu, kerna begitu urgen nya dan sangat menentukan masa depan organisasi.
B. Identifikasi Masalah  

            Dari berbagai masalah diatas yaitu pengaruh motivasi dan potensi  karyawan dan staff terhadap ketahanan dan perkembangan  kemajuan organisasi dapat did ajukan pertanyaan sebagai berikut;
·        Apakah ada hubungan antara kualitas kemempuan staff dan karyawan terhadap perkembangan organisasi.
·        Seberapa besarkah pengaruh kulitas kemampuan staff dan karyawan terhadap perkembangan dan kemajuan organisasi.
·        Strategi dan kebijakan apakah yang akan dilakukan oleh manajer dalam meningkatkan mutu dan kualitas staff dan karyawan sehingga berdamfak positip tehadap kemajuan dan perkembangan organisasi.
C. Batasan Masalah

            Mengingat sumberdaya insani menepati posisi paling penting dalam memacu pekembangan dan kemajuan organisasi.sehingga organisasi dapat bertahan hidup dan bersaing dengan organisasi lain nya.
Berkaitan dengan mutu potensial yang di miliki staff dan karyawan sangat penting dalam operasional organisasi maka penulis membatasi masalah kuallitas yang di miliki oleh staff dan pungsionaris did dalam organisasi hidayatullah.
D.Rumusan Masalah

            Berdasarkan pada latar belakang yang telah di uraikan diatas, mak dapat did rumuskan suatu permasalahan pokok yang akan dibahas selanjutnya yakni;
·        Seberapa besarkah pengaruh kualitas staff dan pungsionaris organisasi hiodayatullah terhadap perkembangan dan kemajuan organisasi hidayatullah
·        Strategi dan kebijakan apakah yang akan dilakukan oleh manajemen puncak organisasi hidayatullah dalam meningkatkan mutu dan  kualitas staff dan pungsionaris organisasi hidayatullah.
2. LANDASAN TEORI

1.  Pengertian manajemen
Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan oleh sebuah organisasi dan perusahaan, manajemen merupakan instrumen yang penting baik bagi organisasi dan perusahaan baik besar ,menengah maupun kecil dalam mencapai tujuan
·        Manajemen adalah pengelolaan suatu pekerjaan untuk memperoleh hasil dalam rangka mencapai tujuan.(yayat m. herujito,2004;2)
·        Manajemen merupakan seni pemanfa’atan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.(malayu s.p hasibuan 2000.2)
·        Management is proces undertaken by one more persons to coopidenate the activities of other persons to actieve result not attemante by any one person activy alone.(james h donelly jr dan james c. gibson 1998;5)
2.      pengertian sumber daya manusia
manajemen sumberdaya manusia adalah suatu alat yang khusus mempelajari hubunga peranan manusia dalam organisasi yang mengkaji seluk beluk tenaga kerja manusia
·        Manajemen adalah the art of getting things done trough the offort of other people (manulang 1996;14)
·        Sumber daya manusia adalah penarikan ,seleksi,pengembang pemeliharaan,dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan individu maupun kolektif.(t hani handoko 1998;4)
·        Penarikan ,seleksi, pengembangan \, penggunaan dan pemeliharaan oleh organisasi.(wendell prench;1995;3)
·        Motivasi berprestasi adalah faktor penting yang menentukan tingkat pertumbuhan organisasi.(mc clelland;1987)
·        Motivasi berprestasi merupakan motivasi yang berhubungan dengan prestasi yang meliputi menguasai , memanipulasi, dan mengatur lingkungan sosial atau pisik,(lindgren dalam rumiani;200)
D. METODE LOGI PENULISAN

            Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode.
·        Metode komparasi yaitu ; dengan cara menggabungkan pendapat- pendapat para ahli dalam buku dan reperensi –reperensi lain nya yang bersangkutan tentang sumberdaya manusia.
·        Metode study pustaka ( study library) dengan cara mendatangi perpustakaan untuk mencari reperensi.
E. ANALISIS DAN INTREVESTASI

Berbagai study telah menyimpulkan bahwa sumber daya manusia organisasi dapat menjadi sumber keunggulan bersaing yang berarti ,the human capital indek suatu studi global komprehensip dari 2000 perusahaan yang diadakan oleh perusahaan watsoon wyatt woridwide menyimpulkan bahwa orang-orang yang berorentasi pada SDM dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang sejati.selain potensi penting nya sebagai bagian dari strategi organisasi dan sumbangan terhadap ke unggulan bersaing ,praktik manajemen SDM telah terbukti mempunyai dampak yang besar terhadap organisasi  sebuah study melaporkan bahwa memperbaiki praktek manajemen SDM organisasi secara berarti dapat meningkatkan nilai pasarnya sebanyak 30 persen, praktik kerja tinggi dapat menghasilkan kinerja individu dan organisasi yang tinggi .
            Dasar umum bagi praktik itu tampaknya adalah komitmen, untuk meningkatkan pengetahuan keahlian, dan kemampuan pra staff dan pungsionaris organisasi, meningkatkan motivasi mereka mengurangi kemalasan dalam pekerjaan,dan meningkatkan kemampuan mempertahankan karyawan,yang bermutu sambil mendorong yang tidak berkinerja baik untuk keluar , jadi pengaruh mutu dan tingkat potensial pegawaidan pungsional organisasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan organisasi  tersebut. Jika para pungsionaris organisasi mempunyai mutu dan tingkat potensial yang tinggi maka secara otomatis organisasi tersebut mampu bertahan dan bisa berkembang dengan baik , begitu juga sebaliknya bila mutu pungsionaris rendah maka tingkat produktivitas akan terhambat kerena banyak persaingan yang ketat antar lembaga yang bergerak di bidang yang sama .
            Adapun cara yang dapat did tempuh oleh manajemen puncak selaku directing untuk meningkatka SDM dapat menempuh beberapa cara;
  • Melakukan perekrutan yaitu dengan cara menjaring sumberdaya manusia yang potensial dan mempunyai keahlian dengan motivasi kerja yang tinggi dan mempertahankan karyawan yang berkompten dan berkinerja baik yang mampu terus menerus menghasilkan kinerja yang tinggi.
  • Melakukan pengurangan (decruitmen) yaitu dengan cara memangkas para pungsionaris yang kurang produktif dan tidak mempunyai motivasi kerja yang tinggi.
  • Melakukan seleksi  yaitu proses penyaringan siapa yang berhak dan layak untuk mengisi setiap lini seleksi dapat dilakukan dengan cara; 1. mengisi pormulir pendaftaran, 2. mengikuti ujian tertulis, 3. ujian simulasi kerja, 4. wawancara, 5. penyelidikan latar belakang, 6. pemeriksaan jasmani.
  • orientasi

  • Pelatihan karyawan atau training memberikan kepada karyawan keahlian dan pengetahuan yang up-to-date
F. KESIMPULAN

            Dari nalisis pendapat para pakar diatas dapat kita ambil kesimpulam bahwa sangat besar pengaruh mutu dan potensial kinerja karyawan terhadap perkembangan organisasi maupun perusahaan kerena dengan did gawangi oleh sumberdaya manusi ayng unggul maka suatu organisasi akan dapat bertahan dan bersaing dengan organisasi yang lain dan akan mampu keluar dari polemik yangmelanda organisasi baik secara internal mupun secara eksternal. Sumber daya yang unggul akan mampu menghasilkan kinerja berupa produk yang produktif dan mampu membuka peluang- peluang yang baru dan mempunyai pasar yang subur dan mampu menyelesaikan masalah yang sedang melanda dan menemukan solusi yang tepat.
G. PENUTUP

            Demikianlah makalah ini kami dan makalah ini jauh dari kesempurnaan kerena minimnya pengetahuan kami dan sedikitnya reperensi maka dari kriti dan saran bapak dan saudara sekalian sangat kami harapkan kerena kammi masih dalam proses pembelajaran, kesempurnaan hanyalah milik Allah dan manusia adalah mahluk yang doif.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply