SDIH Kunjed ke Rumah Pintar Kostrad

 0
SDIH Kunjed ke Rumah Pintar Kostradby Hanif Seon.SDIH Kunjed ke Rumah Pintar KostradHidayatullah Depok – Siswa dan Guru SD Integral Hidayatullah Rabu (20/10) pagi telah bersiap-siap untuk melakukan kunjungan edukatif (kunjed) ke Rumah Pintar Cendekia 1 di Markas Divisi Infanteri 1/Prakarsa Vira Gupti Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Pukul 07.30 semua siswa apel pagi yang sekaligus pembagian kelompok yang masing-masing kelompok dipandu oleh seorang guru, kemudian melaksanakan […]

Hidayatullah Depok – Siswa dan Guru SD Integral Hidayatullah Rabu (20/10) pagi telah bersiap-siap untuk melakukan kunjungan edukatif (kunjed) ke Rumah Pintar Cendekia 1 di Markas Divisi Infanteri 1/Prakarsa Vira Gupti Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Pukul 07.30 semua siswa apel pagi yang sekaligus pembagian kelompok yang masing-masing kelompok dipandu oleh seorang guru, kemudian melaksanakan shalat dhuha terlebih dahulu. Selanjutnya pada pukul 08.15 berangkat karena 10 angkot yang akan mengantar mereka telah menunggu sejak pagi.

Kunjed ini telah menjadi program tahunan sekolah, pada kesempatan ini kunjed mengunjungi Rumah Pintar Cendekia 1 Kostrad setelah para siswa melaksanakan ujian sekolah. Selain menambah pengetahuan kegiatan ini juga sebagai refreshing para siswa setelah bergelut dengan soal-soal ujian – baik tertulis maupun praktek.

Begitu berada dilokasi para siswa tampak girang dan senang, karena mereka dapat berkunjung ke rumah pintar ini padahal ada diantar siswa beberapa kali pernah berkunjung ke lokasi GOR Kartika Kostrad ini, namun belum pernah masuk ke rumah pintar tapi hanya bermain di kolam renang dan berkeliling-keliling saja.
Seperi yang dialami ahsan, siswa kelas 4. “Saya sering main ke kostrad di temani abi dan adik kadang juga bareng teman-teman tapi belum pernah main ke rumah pintar ini, alhamdulillah sekarang bisa main kemari”, ungkapnya.

Dengan di pandu oleh guru-guru sesuai dengan kelompoknya para siswa masuk ke ruang sentra computer, sentra baca, sentra audio visual, sentra bermain, sentra kriya dan sentra laboratorium. Selain di dalam ruangan para siswa juga mengunjungi sarana di luar ruangan yang meliputi perkebunan sayuran dan tanaman obat, peternakan kambing ettawa, peternakan bebek, budidaya jamur tiram dan budidaya ikan air tawar dan pengolahan kompos.

Perlu diketahui bahwa Rumah Pintar (Rumpin) Cakra Cendekia 1 di Markas Divisi Infanteri 1/Prakarsa Vira Gupti Kostrad Cilodong Depok ini diresmikan oleh ibu Ani Bambang Yudhoyno pada hari jum’at tanggal 1 mei 2009 yang berdiri di atas areal tanah seluas 8.000 meter persegi dengan luas bangunan 358 meter persegi, terdiri dari 6 ruangan dengan 8 sentra, yang meliputi : sentra computer, sentra baca, sentra audio visual, sentra bermain, sentra kriya, sentra laboratorium dan sentra outbond serta sentra ketahanan pangan.

Selain bangunan utama, sarana dan prasarana pelengkap Rumah Pintar juga dibangun rumah pohon, taman labirin, dan panggung terbuka. Selain itu juga terdapat sarana pendukung untuk olahraga yang berupa jogging track di luar rumah pintar sepanjang 1.600 m, tepatnya mengelilingi lapangan tembak 600. Rumpin ini dibuka setiap hari, dari hari Senin sampai Ahad dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Setelah para siswa telah berkeliling-keliling selanjutnya mereka bersiap-siap untuk kembali ke sekolah dan pulang. Bahkan diantara mereka ada yang membawa buah tangan sebagai oleh-oleh seperti jamur tiram dan lainnya. [admin/pphdepok]

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply