Jelang Ramadhan SMP-MA Boarding School Integral Hidayatullah Tarhib

 0
Jelang Ramadhan SMP-MA Boarding School Integral Hidayatullah Tarhibby Hanif Seon.Jelang Ramadhan SMP-MA Boarding School Integral Hidayatullah TarhibJernihkan pribadi melalui  pendidikan tauhid dengan ”Mengoptimalkan potensi jismiyyah, aqliah dan ruhiyyah”, SMP-MA Islamic Boarding School integral Hidayatullah Depok menyelengarakan tarhib Ramadhan selama sepekan 25-31 Agustus di Masjid Umul Qura’ Pondok Pesantren Hidayatullah Depok.  Tarhib yang dilaksanakan setelah Shalat magrib menjelang Shalat Isya ini, hadir sebagai pembicara  Ustaz Ir. H. Abdul Azizs Kahar Muzakar, Ketua […]
Jernihkan pribadi melalui  pendidikan tauhid dengan ”Mengoptimalkan potensi jismiyyah, aqliah dan ruhiyyah”, SMP-MA Islamic Boarding School integral Hidayatullah Depok menyelengarakan tarhib Ramadhan selama sepekan 25-31 Agustus di Masjid Umul Qura’ Pondok Pesantren Hidayatullah Depok. 
Tarhib yang dilaksanakan setelah Shalat magrib menjelang Shalat Isya ini, hadir sebagai pembicara  Ustaz Ir. H. Abdul Azizs Kahar Muzakar, Ketua DPD RI Sulawesi Selatan. Acara ini juga di hadiri oleh jama’ah Masjid dan masyarakat sekitar sebagai bekal dalam mensukseskan Ramadhan 1432 H.
Tidak ada toleransi untuk tidak menlaksanakn shalat berjamaah di masjid, Ungkap Aziz dalam penyampaiannya. Ayah dari 5  putra dan 2 putri ini menambahkan, ramadhan bulan yang mulia untuk melatih diri mendekatkan diri pada ilahi melelui shalat malam.
Pentingnya shalat Qiyyamul laial (shalat malam) ibadah shalat tarawih di bulan ramadhan lebih afdhol tengah malam. Bacaan shalat ditengah malam hening dan lebih berkesan, karena shalat ini merupakan ibadah yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah tandasnya. Aziz menambahkan setikdaknya ada 3 hal keistimewaan orang yang menggamalkan shalat qiyyamul lail di antaranya;
1.     Allah akan memberikan perkataan yang berbobot. Bila ia berbicara, orang yang mendengarkan mendapatkan suatu pelajaran.
2.     Allah akan mengangkat ketempat yang terpuji. Dia tidak takut dihina dan tidak diperbudak oleh dunia.
3.     Mendapatkan kekuatan dari Allah. Tidak ada yang ditakuti dalam hidup ini, tidak berkeluh kesah, karena selalu merasakan pertolongan Allah.
Bukan kader Hidayatullah bila tidak shalat malam, karena ini bekal sangat penting bagi orang yang beriman. Janji Allah adalah pasti, Allah akan memberikan sesuatu rizki ataupun yang lain pada waktu yang tidak disangka-sangka ungkapnya dengan meyetir suatu hadis ”Barang siapa yang mendirikan malam di bulan Ramadhan karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu” (Al Hadits Ash Shohihah, Muttafaq Alaih)
Pada hari sebelunya juga di isi oleh Ustaz Ir. H. Abu Al’a Abdullah, M. H.I Sekjen DPP Hidayatullah Pusat,  Ustaz  Nurysamsa Hadis, Ustaz Suharsono Anggota Dewa Syuro Hidayatullah, Ustaz Naspi Arsyad, MA, Ustaz Iman Nawawi, S.Pd.I Kepengasuhan STIE
Pada jum’at 29/7 SD integral Hidayatullah juga menyelengarakan pawai ramadhan di perum GDC dan masyarakat sekitar sekolah, hal sama juga dilakukan oleh SMP-MA Integaral hidayatullah Depok. Karena Hal ini, sudah menjadi agenda sekolah tahunan. Selama ramadhan SD Integral bersama komite menyelengarakan kajian ”tafsir Al-Qur’an”  pada tanggal 3-16 Ramadhan diperuntukan bagi guru dan wali murid bersama Ustadzah Sarah Zakiah, Lc bertempat di perpustakaan SD dimulai pada pukul 10:30 – 11:45 Wib.
Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepada kalian. Padanya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi darinya, sungguh ia telah terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi darinya kecuali mahrum (yang memang terhalangi dari kebaikan) Riwayat dari Anas bin Malik.

Ibnul Qoyyim dalam Zaadul Maad mengatakan bahwa puasa dapat memberikan pengaruh mengagumkan dalam pemeliharaan anggota badan dan kekuatan batin, serta mengatur metabolisme, sehingga tubuh mendapatkan keseimbangan. Dia membersihkan zat-zat yang dapat mempengaruhi kesehatan. Puasa juga akan menjaga kesehatan hati dan anggota tubuh, setelah dikuasai oleh jerat-jerat syahwat. Ia sangat berperan dalam membantu mendatangkan ketakwaan.

Terlepas dari itu semua, tidak akan mencapai derajat taqwa, hati bersih, iman yang teguh, dan Islam Kaffah seseorang dengan berpuasa asal-asalan. Perlu diimbangi dengan niat yang sempurna, amalan yang dibenarkan oleh Al Qur’an dan As-Sunnah serta tata cara beribadah para sahabat, dan para salafush sholih yang dituntun oleh Rosulullah. Oleh karenanya pondok pesantren Hidayatullah Depok  menyelengarakan berbagai progam  ramadhan dibuka untuk umum. Sehingga kesempatan di bulan Ramadhan 1432 H ini, jangan disia-siakan karena di dalamnya terdapat kemuliaan malam lebih baik dari seribu bulan.*Adminypphdepok

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply