Pendidikan Karakter Lewat Manasik Haji

 0
Pendidikan Karakter Lewat Manasik Hajiby Hanif Seon.Pendidikan Karakter Lewat Manasik HajiSebanyak 450 murid Taman Kanak-kanak (TK) Se-Cilodong Depok, Jawa Barat mengikuti Manasik Haji dilapangan Kampus Hidayatullah Jl. Raya Kalimulya Kebun Duren. Ibadah haji merupakan dambaan bagi seluruh umat muslim. Karena termasuk dalam rukun Islam kelima.  Penanaman sikap tersebut sangat tepat jika dilakukan sejak usia dini. Manasik haji yang dilakukan itu diikuti  11 TK dan PAUT […]

Sebanyak 450 murid Taman Kanak-kanak (TK) Se-Cilodong Depok, Jawa Barat mengikuti Manasik Haji dilapangan Kampus Hidayatullah Jl. Raya Kalimulya Kebun Duren. Ibadah haji merupakan dambaan bagi seluruh umat muslim. Karena termasuk dalam rukun Islam kelima.  Penanaman sikap tersebut sangat tepat jika dilakukan sejak usia dini.

Manasik haji yang dilakukan itu diikuti  11 TK dan PAUT yang dibuka langsung oleh Kabid Pendidikan Yayasan Pondok Pesantern Hidayatullah, Ust Naspi Arsyad, Lc
TK Islam Yaa Bunayya Hidayatullah sebagai tuan rumah manasik haji yang diikuti oleh Anak Usia Dini itu merupakan salah satu program yang bekerja sama  dengan komite sekolah TK dan PAUD Kecamatan Cilodong.
Manasik haji yang dilakukan itu merupakan manasik yang kesekian kali yang dilaksanakan terus setiap tahunnya, bertujuan tak lepas dari pentingnya peranan kita untuk memupuk anak-anak sedini mungkin, serta memberikan pembinaan pendidikan karakter, sehingga menjadi anak yang berakhlaq dan bermoral.
“Untuk itu kita mengharapkan kepada eleman masyarakat khususnya para orang tua untuk dapat memberikan pendidikan, suritauladan yang terbaik kepada setiap putra-putrinya. Jangan sampai disibukan pekerjaan dan kegiatan yang lain, keluarga, anka-anak menjadi terabaikan. Bila kita sadari lebih mendalam setiap orang tua pastinya megiginkan anak-anaknya lebih baik pendidikan dan masa depannya, dan tidak mengiginkan anak-anak mengikuti jejek dan langkah yang tidak baik yang pernah dilalaui kedua orang tuanya. Oleh karenanya melalui kegiatan ini kita dapat menanamkan nilai-nilai dasar yang kuat bagi anak-anak usia dini tentang keagamaan.
Bila kita tilik kisah Lukman al-hakim dalam al-quran bagaimana ia mendidik putranya menjadi anak yang sholeh yang taat kepada Allah tampa mensekutukannya. Wajar saja bila Allah mengabadikan nama lukman dalam Al-quran.
Sementara itu ust. Napi juga  menyebutkan, perlunya manasik haji dilakukan kepada Anak Usia Dini, selain mengenal lebih dalam tentang keagaaman juga mengenal dasar-dasar dan pengertian dari cara pelaksanaan haji. 
Agar suasana manasik haji menyerupai tempat aslinya di Mekkah, panitia membuat bangunan yang menyerupai Kaabah. Disamping itu, ada juga miniatur bangunan yang banyak dijumpai di Mekkah. Tujuannya agar peserta merasa benar-benar ada di Arab Saudi.
Selain itu  pelaksanan manasik haji ini, juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi antara murid dan para guru yang ada di Cilodong. Hal ini senantiasa menjalin ukhuwah dengan semua. “Untuk itu kita mengharapkan agar kegiatan ini terus berlanjut di tahun berikutnya,”  
Kepala Kantor
YPP Hidayatullah Depok

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply