Kunjed Integral Nuansa Pendidikan

 0
Kunjed Integral Nuansa Pendidikanby Hanif Seon.Kunjed Integral Nuansa PendidikanJakarta, SD Integral HIdayatullah Depok – Pada hari Rabu, 7 Desember 2011 Siwa-siswa SD Integral Hidayatullah mengadakan kunjungan edukatif yaitu outing class ke beberapa tempat sekaligus.  Kunjungan tersebut sudah menjadi agenda tahunan sekolah dengan tema dan juga tempat yang berbeda. Hal ini terdiri dari kelas 1 s/d kelas 6 berkunjung ke Ancol.  Ancol tidak hanya […]

Jakarta, SD Integral HIdayatullah Depok – Pada hari Rabu, 7 Desember 2011 Siwa-siswa SD Integral Hidayatullah mengadakan kunjungan edukatif yaitu outing class ke beberapa tempat sekaligus.  Kunjungan tersebut sudah menjadi agenda tahunan sekolah dengan tema dan juga tempat yang berbeda. Hal ini terdiri dari kelas 1 s/d kelas 6 berkunjung ke Ancol. 
Ancol tidak hanya sebagai tempat untuk arena berekreasi saja tetapi juga tempat untuk arena belajar yang penuh dengan nilai edukasi. Tempat-tempat yang dikunjungi di komplek Impian Jaya Ancol diantaranya adalah Rumah Pintar. Tempat ini ditujukan untuk pembelajaran untuk semua usia dan bangunannya dirancang sangat menarik. Disekitarnya  banyak buku berjejer rapih dengan ratusan koleksi tentang kelautan.
Dari rumah pintar dilanjutkan ke akuarium air laut. Disana para siswa bisa melihat pesona dasar samudra dengan aneka ragam ikan laut. Setelah sholat Dzuhur dan makan siang, acara diakhiri dengan mengunjungi Dholpin, beluga and sea lion show.
Aku seneng banget, Ungkap Raka siswa kelas 4 SD tersebut, bisa jalan-jalan ma teman-teman dan juga ustazh yang  mendampingi kami.
Kunjungan berikutnya adalah ke Museum Fatahillah atau disebut juga Museum Sejarah Jakarta.  Museum dengan bangunan bergaya arsitektur kuno abad -17 ini, di dalamnya menyimpan sejarah Jakarta dari masa ke masa, selain itu juga dipamerkan hasil penggalian arkeologi, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Padjajaran.
Tampak para siswa dengan peralatan tulisnya dan dipandu oleh petugas museum menjelajah ruang demi ruang seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin yang menyimpan  koleksi-koleksi seperti  keramik, gerabah, batu prasasti, logam zaman VOC, aneka dacin / timbangan, perabotan rumah tangga antik dari abad 17-19 dan benda-benda arkeologi dari masa pra-sejarah itu.
Kunjungan berikutnya ke YKK resleting, para siswa di ajak melihat bagaimana proses pembuatan dari bahan mentah sampai siap pakai. Hal ini diharapkan menjadi salah satu ajang dan pembelajaran untuk menigkatkan perstasi yang lebih baik lagi.
Sebagai penghujung dari kunjungan edukatif ini adalah mengunjungi TMII untuk menyaksisakan panorama dan kesejukan alam. Outing class telah menjadi program reguler per satu tahunan dari sekolah Integral Hidayatullah Depok.**
Kepala  Kantor
YPPH depok

Related Posts

Leave a Reply