“Flying Fox” TK Islam Integral Yaa Bunayya

 0
“Flying Fox” TK Islam Integral Yaa Bunayyaby Hanif Seon.“Flying Fox” TK Islam Integral Yaa Bunayya“Enak, enaak, enaaakk…” Azkiyah berlari-lari kecil ke arah kawan-kawannya sembari kegirangan. Bocah berusia 4 tahun itu bukan habis makan kue atau minum susu, dia baru saja meluncur dari sebuah menara berketinggian hampir 10 meter. Selasa (20/12) pagi itu, puluhan murid-murid TK Islam Yaa Bunayya sedang menguji adrenalin dan ketangkasan di bawah panasnya terik matahari. Mereka […]

“Enak, enaak, enaaakk…” Azkiyah berlari-lari kecil ke arah kawan-kawannya sembari kegirangan. Bocah berusia 4 tahun itu bukan habis makan kue atau minum susu, dia baru saja meluncur dari sebuah menara berketinggian hampir 10 meter.
Selasa (20/12) pagi itu, puluhan murid-murid TK Islam Yaa Bunayya sedang menguji adrenalin dan ketangkasan di bawah panasnya terik matahari. Mereka mengikuti outbound yang diadakan pihak sekolah. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah dasar kanak-kanak yang dikelola Pondok Pesantren Hidayatullah, Depok, Jawa Barat tersebut.
Dalam tiap semester, pelatihan ini digelar di tempat berbeda. Pagi itu mereka menggaet outbound trainer dari Tim SAR Hidayatullah yang memang sudah berpengalaman di bidangnya.
Rangkaian pelatihan manajemen diri itu meliputi titian tali, flying fox dan lain sebagainya. Sekitar 60 murid putra-putri TK Yaa Bunayya dibagi menjadi 6 kelompok. Terdiri dari sekitar 10 murid, masing-masing kelompok diberi nama para sahabat Rasulullah SAW seperti  Abu Bakar, Umar dan Usman. Mereka begitu menikmati berbagai macam permainan yang disajikan. Termasuk Azkiyah, di bawah bimbingan para trainer nasional, dia sama sekali tidak terlihat gentar saat harus bergelantungan di tali tambang sepanjang sekitar 30 meter, meluncur deras dari menara penampungan air yang terdapat di salah satu sudut ponpes tersebut.
“Enak kok seperti perosotan,” ujar Azkiyah, putri dari Suheri Abdullah kepada teman-temannya. Saat itu seorang kawan mereka tampak ragu-ragu melanjutkan flying fox-nya.
Bagi TK Islam yang terletak di Jalan Raya Kalimulya, Sukmajaya, Depok tersebut, pelatihan itu bertujuan menanamkan nilai-nilai positif termasuk keberanian bagi anak-anak sejak dini.
“(Outbound ini) untuk melatih kepercayaan diri, kemandirian, keberanian, tanggung jawab dan kerjasama,” ujar Yauma AQJ, salah satu guru taman kanak-kanak tersebut.
Suheri sendiri merupakan anggota Tim Outbound SAR Hidayatullah. Bersama rekan-rekannya, pria asal Padang ini sudah malang melintang di dunia self management. Bukan cuma outbound, timnya juga kerap melaksanakan pelatihan Search and Rescue (SAR) di berbagai daerah di Indonesia.**
Kepala Kantor
YPPH Depok

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply