Tarhib Ramadhan Family Gathering

 0
Tarhib Ramadhan Family Gatheringby Hanif Seon.Tarhib Ramadhan Family GatheringPekan ini semarak tarhib Ramadhan mulai terasa. Dari mulai majelis pengajian, kantor , hingga instansi pemerintah, semuanya berduyun-duyun menyelenggarakan kajian menyambut Ramadhan, yang biasa disebut dengan Tarhib Ramadhan. Tarhib sendiri berasal dari kata : rohaba -yurohhibu, yaitu menyambut. Karenanya kita juga sering mendengar ungkapan ” Marhaban ya Ramadhan ! “. Fenomena Tarhib Ramadhan ini barangkali […]
Pekan ini semarak tarhib Ramadhan mulai terasa. Dari mulai majelis pengajian, kantor , hingga instansi pemerintah, semuanya berduyun-duyun menyelenggarakan kajian menyambut Ramadhan, yang biasa disebut dengan Tarhib Ramadhan. Tarhib sendiri berasal dari kata : rohaba -yurohhibu, yaitu menyambut. Karenanya kita juga sering mendengar ungkapan ” Marhaban ya Ramadhan ! “. Fenomena Tarhib Ramadhan ini barangkali muncul sejak enam tujuh tahunan ini. Dahulu kala menjelang Ramadhan, yang dikenal masyarakat justru kebiasaan-kebiasaan berbau adat yang mungkin tidak ada kaitannya secara khusus dengan Ramadhan. Seperti budaya pasar malam ” Dandangan” di kota kelahirang saya, atau Dugderan di Purworwjo, ataupun budaya mandi dan berenang bersama khas “padusan” di daerah Solo dan sekitarnya, atau budaya umum Jawa dengan istilah ‘nyekar’, yaitu berziarah ke makam orangtua dan kerabat sebelum Ramadhan tiba.

Setelah berbagai macam ragam budaya tersebut dikenal masyarakat kita, maka Hidayatullah mulailah menfenomenakan Tarhib Ramadhan mengemuka di akhir lima tahunan ini. Bentuknya pun beragam, dari mulai pawai anak-anak, tingkat TK, SD Iintegral, SMP MA, sampai yang paling umum dilakukan adalah ceramah atau pengajian menjelang Ramadhan. Kajian ini biasanya berupaya untuk mengkondisikan umat tentang kedatangan Ramadhan, mengingatkan akan hikmah dan keutamaannya, menyerukan tentang berbagai persiapan yang harus dilakukan.

Kajian semacam ini menjadi sangat penting, dimana masyarakat kita mungkin banyak terlena dengan rutinitas kerja setahun penuh, dan terkadang hanya bisa terperanjat saat menyadari ramadhan semakin dekat. Dalam prinsip manajemen manapun, kita akan temui tentang urgensi perencanaan. Maka begitu pula kita semua dalam menyambut Ramadhan, membutuhkan perencanaan yang matang. Yang Insya Allah Akan direncanakan:

Pada hari Ahad 15 Juli 2012

Waktu 09:00-15:00 Wib
Tempat Kampus Hidayatullah Depok
Agenda pembekalan ramadhan dan family gathering
Pembicara Pakar Pendidikan Ust. Fauzil Adhim
Bagi Anda yang senantiasa berbagi semangat dan inspirasi di tengah-tengah umat, kami mengundang kepada seluruh wali siswa, jamaah pengajian aggota halaqah dan seluruh elemen masyrakat untuk mengadiri acara tersebut. Semoga ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam mengisi Kajian tarhib Ramadhan. Semoga bermanfaat dan salam optimis. Admin PPH Depok

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply