Inilah yang Mesti Dilakukan untuk Tegaknya Peradaban

 0
Inilah yang Mesti Dilakukan untuk Tegaknya Peradabanby Abu Ilmiaon.Inilah yang Mesti Dilakukan untuk Tegaknya PeradabanBertempat di Masjid Ummul Qurro Depok, PPHD menggelar acara silaturrahim Syawal yang dihadiri langsung oleh Pimpinan Umum Hidayatullah, Ust. Abdurrahman Muhammad (25/8). Beliau hadir dalam kondisi kurang fit, namun demikian, semangat untuk memberikan pencerahan terlihat begitu antusias. Hal, ini didasari oleh keinginan kuat beliau untuk mewujudkan peradaban Islam. Menurutnya ada beberapa hal dasar yang mesti […]

Bertempat di Masjid Ummul Qurro Depok, PPHD menggelar acara silaturrahim Syawal yang dihadiri langsung oleh Pimpinan Umum Hidayatullah, Ust. Abdurrahman Muhammad (25/8).PU

Beliau hadir dalam kondisi kurang fit, namun demikian, semangat untuk memberikan pencerahan terlihat begitu antusias. Hal, ini didasari oleh keinginan kuat beliau untuk mewujudkan peradaban Islam.

Menurutnya ada beberapa hal dasar yang mesti dimiliki oleh Hidayatullah untuk bisa mewujudkan peradaban Islam. Pertama, infrastruktur.

Infrastruktur diperlukan sebagai wadah untuk pembinaan dan pengembangan peradaban Islam. Dan, infrastruktur yang pertama dan utama adalah lahan atau kawasan yang di dalamnya syi’ar Islam bisa dibangun dan ditegakkan.

“Untuk melaksanakan syariat harus ada keamanan (dalam kawasan). Bukan aman dari perampok saja, tapi aman dari sistem budaya,” ujarnya.

Sekarang ini, sambungnya, semua orang resah, merasa tidak aman dari gempuran budaya asing. Di pesantren pun, keresahan itu tetap ada.

Kedua, rumah ideal, yaitu rumah yang penghuninya tidak lepas dari membaca Al-Qur’an.

“(Penghuni) rumah-rumah harus dikontrol, baca al-Qur’an tidak. Jangan-jangan tidak pernah khatam sebulan. Kalau tidak, jebol, masuk infiltrasi budaya (asing),” pesannya.

Ketiga, bangun ukhuwah Islamiyah dengan semangat menyempurnakan shalat berjamaah. Sebab, tanpa sholat jama’ah sejatinya tidak ada ukhuwah.

Keempat,  membangun kekuatan moralitas. Moral terbangun jika ada spiritualitas. Spiritual terlahir dari bimbingan wahyu-wahyu Allah. Dengan kata lain, moral adalah buah dari iman.

Kelima, berkaryalah. Muslim yang terbaik adalah yang bisa memberi manfaat. Jadi, Muslim yang sehat imannya, pasti akan berpikir apa yang harus saya persembahkan dalam bentuk karya bagi kesinambungan perjuangan ummat Islam.

Apabila kelima langkah tersebut bisa diwujudkan, maka insya Allah pondasi peradaban Islam telah terpancang kuat. Jika belum, mari segera kita benahi diri kita masing-masing.

Related Posts

Leave a Reply