Tips Mendidik Anak Bagi Single Parent

 0
Tips Mendidik Anak Bagi Single Parentby Abu Ilmiaon.Tips Mendidik Anak Bagi Single ParentMendidik anak tentu suatu kewajiban yang membahagiakan jika disadari dengan penuh keimanan. Namun demikian bukan berarti tidak ada hambatan dan kesedihan dalam membesarkan anak-anak, utamanya bagi yang harus menjalani takdir sebagai single parent atau single mom. Menjadi single mom adalah tantangan sekaligus keuntungan besar jika dipahami secara mendalam. Dikatakan keuntungan karena di sana terbentang amal […]

20131003_095810-1Mendidik anak tentu suatu kewajiban yang membahagiakan jika disadari dengan penuh keimanan. Namun demikian bukan berarti tidak ada hambatan dan kesedihan dalam membesarkan anak-anak, utamanya bagi yang harus menjalani takdir sebagai single parent atau single mom.

Menjadi single mom adalah tantangan sekaligus keuntungan besar jika dipahami secara mendalam. Dikatakan keuntungan karena di sana terbentang amal yang sangat luas, karena seorang single mom juga harus mampu berperan sebagai ayah bagi anak-anaknya, dan dikatakan sebagai tantangan karena seorang ibu harus benar-benar mampu bertabah hati menghadapi segala keadaan yang kurang mengenakkan.

Akan tetapi, apa pun itu, hendaknya kita tetap bersemangat dan optimis dengan peran yang Allah takdirkan kepada para single parent atau single mom. Betapa dalam sejarah telah tercatat bahwa nama-nama besar tokoh intelektual Muslim justru hadir dari binaan seorang ibu sendiri. Sebut saja Imam Syafi’i dan Imam Bukhori.

Keduanya menjadi ulama besar hingga kini justru karena dididik seorang diri oleh seorang ibu yang punya keteguhan keyakinan dan ketabahan dalam menghadapi penderitaan.

Untuk itu tidak ada alasan bagi apra single parent untuk tidak sukses mendidik putra-putrinya. Sekedar untuk berbagi, berikut beberapa tips orangtua tunggal untuk mendidik anak dengan baik.

Pertama, memberikan kasih sayang dengan selalu memperhatikan semua kegiatannya. Dengan beberapa sentuhan lembut yang hangat, anak tidak akan merasa kesepian.

Kedua, mendengarkan cerita anak dan memberikan komentar yang mendidik.

Ketiga, menciptakan suasana aman, agar anak tidak merasakan ketakutan. Berusahalah untuk tetap melindungi anak-anak dengan baik.

Keempat, buatlah jadwal makan dan bermain bersama, agar waktu dapat terbagi dengan baik bersama anak-anak.

Kelima, memberikan mereka pujian, saat melakukan kegiatan yang baik atau prestasi menakjubkan. Selain itu Anda dapat memberikannya sebuah bingkisan yang dia inginkan.

Keenam, memberikan kritikan mengenai sikapnya yang salah, berilah contoh baik agar anak-anak sadar bahwa yang dilakukannya salah.

Ketujuh, senantiasa berdoa dan bersandar hanya kepada Allah Ta’ala yang Maha Kuasa, sembari tak pernah henti untuk selalu membaca la haula wala quwwata illa bilahil aliyil adhim.

Ustadzah Muthohharoh, Guru PAUD Ya Bunayya Hidayatullah Depok.

Ustz. Muthohharoh

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply