“Apakah Sudah Sholat Shubuh Tepat Waktu?”

 0
“Apakah Sudah Sholat Shubuh Tepat Waktu?”by Abu Ilmiaon.“Apakah Sudah Sholat Shubuh Tepat Waktu?”Memberikan semangat kepada para santri adalah tradisi harian di setiap pagi di SDI Hidayatullah Depok. Sesaat sebelum para santri masuk ke ruang kelas, seorang guru telah siap menyambut mereka. “Assalamu’alaikum, gimana kabarnya? Apakah tadi sudah sholat shubuh tepat waktu, sempat wirid pagi, dan bisa membantu orang tua?” itulah beberapa pertanyaan yang diajukan setiap kali santri […]

DSCF3130Memberikan semangat kepada para santri adalah tradisi harian di setiap pagi di SDI Hidayatullah Depok. Sesaat sebelum para santri masuk ke ruang kelas, seorang guru telah siap menyambut mereka.

“Assalamu’alaikum, gimana kabarnya? Apakah tadi sudah sholat shubuh tepat waktu, sempat wirid pagi, dan bisa membantu orang tua?” itulah beberapa pertanyaan yang diajukan setiap kali santri akan memasuki kelas atau sekolah.

Tradisi ini disebut sebagai Morning Spirit, sebuah motivasi di pagi hari yang mengingatkan para santri untuk tidak lupa menjalani kewajibannya sebagai Muslim yang baik dengan menanyakan kepada mereka tetang ibadah wajib dan ibadah sunnah serta kaitannya dengan kegiatan pagi hari lainnya yang positif.

Cara ini diyakini akan sangat efektif untuk terus-menerus membentuk kebiasaan para santri, sehingga muncul rasa bersalah kala pagi hari bangun kesiangan apalagi sampai tidak sholat shubuh. Pasalnya, setiap mau masuk sekolah, pasti ibu guru atau bapak guru akan menanyakan hal tersebut.

Semoga, dengan tradisi yang terlihat sederhana ini, kelak para santri ini tumbuh menjadi Muslim yang bertanggung jawab dan memiliki komitmeb ibadah yang baik.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply