Public Speaking

 0
Public Speakingby Abu Ilmiaon.Public SpeakingSatu ciri khas lulusan pesantren ialah mampu berdakwah, atau tepatnya ceramah dan taushiyah. Kemampuan ini memang melekat dalam banyak pikiran oran tentang pesantren dan lulusan atau alumni pesantren. Hal tersebut memang lumrah, sebab di pesantren ada banyak sekali tradisi yang dibangun yang tanpa sadar, para santri sejak pertama kali menginjakkan kakinya di pesantren sudah praktik […]

20131007_120911Satu ciri khas lulusan pesantren ialah mampu berdakwah, atau tepatnya ceramah dan taushiyah. Kemampuan ini memang melekat dalam banyak pikiran oran tentang pesantren dan lulusan atau alumni pesantren.

Hal tersebut memang lumrah, sebab di pesantren ada banyak sekali tradisi yang dibangun yang tanpa sadar, para santri sejak pertama kali menginjakkan kakinya di pesantren sudah praktik langsung berbicara di depan umum.

Dengan demikian, kala mereka lulus, sedikit atau banyak, mereka punya pengalaman berbicara di depan umum, sehingga insya Allah tidak akan begitu kaget dengan yang namanya public speaking.

Satu di antara tradisi yang dibangun di pesantren yang memungkinkan para santri memiliki skill public speaking ini adalah muhadhoroh, seminar dan yang paling sering, hampir setiap usai sholat berjama’ah di masjid, yaitu pembacaan hadits Rasulullah Shallallahu Alayhi Wasallam.

“Pembacaan hadits ini rutin dan setiap hari berlangsung, tepatnya setiap kali usai sholat berjama’ah di masjid. Petugasnya pun bergantian, mulai dari santri SMP hingga Mahasiswa,” ungkap Iwan Ruswanda, M.Pd.I.

“Kegiatan tersebut, selain untuk mengakrbakan hadits Nabi dalam kehidupan sehari-hari, juga untuk melatih skill public speaking para santri, sehingga kelak, ketika mereka lulus, mereka sudah mampu mendakwahkan Islam ini,” imbuhnya.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply