Inilah Nilai Utama yang Mesti Dipahami Anak Sejak Dini

 0
Inilah Nilai Utama yang Mesti Dipahami Anak Sejak Diniby Abu Ilmiaon.Inilah Nilai Utama yang Mesti Dipahami Anak Sejak DiniMencerdaskan akal awalnya memang seperti sangat penting. Dan, tidak ada yang lebih utama selain mencerdaskan kognisi tersebut. Tetapi, seiring berjalannya waktu, publik global mulai sadar, bahwa mutu atau kualitas manusia tidak bisa dihitung hanya pada tingkat hafalan, kemahiran, atau pun kecakapan dalam bidang yang digelutinya. Manusia yang unggul tetaplah manusia yang beradab. Kesadaran ini kembali […]

DSCF2764Mencerdaskan akal awalnya memang seperti sangat penting. Dan, tidak ada yang lebih utama selain mencerdaskan kognisi tersebut.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, publik global mulai sadar, bahwa mutu atau kualitas manusia tidak bisa dihitung hanya pada tingkat hafalan, kemahiran, atau pun kecakapan dalam bidang yang digelutinya.

Manusia yang unggul tetaplah manusia yang beradab. Kesadaran ini kembali menyeruak seiring dengan mulai pudarnya pesona peradaban Barat. Umat Islam kini mulai mengerti dan mengakui bahwa pendidikan akhlak adalah nomer satu setelah akidah.

Sesuai dengan tujuan hakiki diutusnya Rasulullah, Nabi akhir zaman, “Innama buitstu liutammimma makarimal akhlak.” Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak. Akhlak adalah satu pondasi penting menuju terlahirnya manusia beradab.

Oleh karena itu, di PAUD/TK Ya Bunayya Depok, para santri telah diajarkan bagaimana memiliki akhlak atau adab yang tinggi kepada Allah SWT, termasuk kepada sesama manusia bahkan alam semesta.

Disiplin. Mungkin ini tidak disadari bahwa disiplin ini bersumber dari ajaran Islam. Coba perhatikan bagaimana kita dituntut sholat tepat waktu. Dan, ibadah diatur sedemikian rupa, ada siang, ada malam dan ada yang bisa kapan saja. Ini menunjukkan bahwa, Muslim yang taat, sudah pasti akan memiliki karakter disiplin.

DSCF2759

Setelah disiplin, seorang Muslim mesti memiliki sifat kasih dan sayang. Dalam satu riwayat Nabi bersabada, “Man la yarham la yurham.” Siapa yang tidak mengasihi tidak akan dikasihi. Jadi, penting untuk menanamkan kasih sayang kepada buah hati kita sedini mungkin.

DSCF2760

Setelah berkasih sayang, seorang Muslim mesti memiliki sabar. Sabar ini adalah pakaian para Nabi dan Rasul dalam menjalani misi Nubuwwah. Bahkan, penelitian Sekolah Bisnis Hardvard mengatakan bahwa kesuksesan seseorang sebagian besar ditentukan oleh kesabarannya..

DSCF2761

Kadang kala, orang pintar tak cukup sabar juga tentu tak sanggup bersyukur. Lihatlah hari ini, bagaimana sebagian intelektual yang bergelar profesor doktor, ternyata terjerembab pada praktik korup. Mengapa terjadi? Karena mereka tidak memiliki rasa syukur yang tinggi, sehingga selalu haus dengan harta dan kekuasaan.

DSCF2762

 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply