Tes Masuk SMP Integral Hidayatullah Gelombang I

 0
Tes Masuk SMP Integral Hidayatullah Gelombang Iby Redaksi Hidayatullahdepok.orgon.Tes Masuk SMP Integral Hidayatullah Gelombang IPenerimaan siswa baru (PSB) melalui tes masuk SMP Integral Hidayatullah pada tahun pelajaran 2014-2015 pada hari Sabtu, 25 Januari bertempat di gedung SMP Integral tersebut. Upaya tes untuk mengetahui beragam keterampilan motorik kasar dan motorik halus juga sangat diperlukan untuk menghadapi aneka kegiatan serta tugas siswa di pesantren. Pelaksanaan tes tersebut diantaranya tahfidz, tahsin, bacaan […]

PhotoChooser-3a31a1d2-ea96-4d12-8282-15dc3d4d50c0Penerimaan siswa baru (PSB) melalui tes masuk SMP Integral Hidayatullah pada tahun pelajaran 2014-2015 pada hari Sabtu, 25 Januari bertempat di gedung SMP Integral tersebut. Upaya tes untuk mengetahui beragam keterampilan motorik kasar dan motorik halus juga sangat diperlukan untuk menghadapi aneka kegiatan serta tugas siswa di pesantren.

Pelaksanaan tes tersebut diantaranya tahfidz, tahsin, bacaan dan praktek shalat juga tes akademik siswa meliputi, Mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, B. Indonesia. sedangkan pengumuman hasil tes SMP insya Allah pada tanggal 15 Februari  2014

Melalui tes ini, pihak sekolah dapat mengetahui calon siswanya  memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuan skolastik yang memadai, juga menunjukkan perkembangan psikososial yang baik sehingga membantunya untuk berhasil beradaptasi diantaranya shalat, masuk sekolah tepat waktu dan kemandirian mencuci dan merapikan barang pribadi.

“Aspek sosial amat penting sehingga anak diharapkan dapat menjalin interaksi yang baik dengan teman dan ustadz-ustadz di sekolah,” Selain itu, kematangan mental pun dibutuhkan sehingga anak mampu menerima, mengolah, dan memahami beragam informasi yang diberikan di sekolah yang berboarding. Sementara kematangan emosi membuat anak mandiri dan mampu mengendalikan diri ketika menghadapi masalah.

Beragam faktor dapat menjadi pemicu, misalnya minat belajar yang kurang, pola pengasuhan yang belum sesuai, kurang adanya role model yang tepat bagi anak, dan sebagainya. “Bantu siswa mengatasi penyebab dan libatkan minat serta gaya belajar yang sesuai dengan dirinya sehingga anak dapat termotivasi untuk belajar,”. Hal terpenting bagi orang tua saat anak mulai masuk SMP, kata Abdurrohim, adalah memberikan dukungan dan keyakinan bahwa dia bakal menjalankan masa terbaiknya di sekolah.

Bekali anak dengan keterampilan yang membuatnya berhasil beradaptasi, misalnya melatih fleksibilitas anak dalam menemukan beragam solusi pemecahan masalah yang mungkin ditemukannya dipesantren. Juga kesempatan untuk mandiri dalam mempersiapkan diri ke sekolah, namun tentu disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. Dampingi anak saat belajar dan bertahap dukunglah buah hati untuk belajar secara mandiri serta menggunakan beragam cara belajar yang menyenangkan bagi dirinya. Jalin kerja sama yang baik dengan sekolah dan jadilah orang tua yang aktif dengan senantiasa hadir ketika pertemuan bersama pihak sekolah maupun acara-acara penting yang mengharapkan orang tua untuk datang memberikan semangat bagi anak-anak tercintanya.

 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply