Outbound “Jejak Rasul” SD Integral Hidayatullah

 0
Outbound “Jejak Rasul” SD Integral Hidayatullahby Redaksi Hidayatullahdepok.orgon.Outbound “Jejak Rasul” SD Integral HidayatullahBanyak cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak-anak sejak dini mengenal Rasulullah Muhammad saw dan perjungan beliau dalam mengemban amanah Allah menyebarkan Islam. SD Integral Hidayatullah Depok, mengadakan acara outbound dengan tema “Jejak Rasul”. Pada acara ini Kamis 27/3, SD Integral Hidayatullah mengajarkan sejarah lebih menarik dan menyenangkan serta memberikan kesan yang mendalam. Pada acara […]

DSCN6774Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak-anak sejak dini mengenal Rasulullah Muhammad saw dan perjungan beliau dalam mengemban amanah Allah menyebarkan Islam.

SD Integral Hidayatullah Depok, mengadakan acara outbound dengan tema “Jejak Rasul”. Pada acara ini Kamis 27/3, SD Integral Hidayatullah mengajarkan sejarah lebih menarik dan menyenangkan serta memberikan kesan yang mendalam.

Pada acara outbound yang diikututi oleh kelas 1 SD dan siswa TK yang berada di Cilodong dan sekitar, para ustaz dan ustazah memberikan materi perjalanan Rasulullah, mulai dari fase mengembala, bergua hira’, kenabian, isra’ mi’raj dan mendapatkan perintah shalat.

Siswa juga  di ajak mengenal proses Rasulullah hijrah secara sembunyi-sembunyi ke Yatsrib (Madinah), dalam pengejaran kafir quraisy bersembunyi di dalam Gua Tsur yg “dilindungi” laba-laba, lalu siswa juga dikenalkan bagaimana peristiwa pasca hijrah pada masa itu Islam sudah mulai diminati dan memiliki banyak pengikut.

Siswa juga dikenalkan perang fisik pertama Rasulullah bersama sahabat yang dimenangkan pihak muslimin melawan kafir Quraisy, yang kemudian dikenal dengan istilah perang Badar. Siswa juga bersimulasi bagaimana terjadinya perang Uhud, pada perang ini para siswa kelihatan sangat antusias, karena para siswa berperang (senapan air) sementara disekitar mereka banyak harta rampasan (kue-kue), sebagian dari siswa malah bukan ikut berperang, malah berebut “kue rampasan”.

Pada sesi terakhir, siswa diajarkan peristiwa Fathu Makkah (penaklukan kota Makkah) dengan menghancurkan berhala yang ada di sekeliling ka’bah (diberi perumpamaan  balon yang berisi air).

Pada acara Outbound jejak Rasul kali ini, sebagian dari kakak kelas dilatih untuk berdagang, market day ini juga dilakukan untuk melatih jiwa interprener sejak dini. Untuk kakak-kakak kelas 6 diberi tugas untuk membantu ust/ustz sebagai panitia. ‪

Alhamdulillah semua kegiatan berjalan dengan baik dan meriah, semoga memberikan kesan yang mendalam bagi para siswa-siswi, amin.

Generasi‬ anak sholeh. Succes for all…!!!

Teks; Lalu Mabrul
Foto: Muh. Khumaini

 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply