Pramuka MA Hidayatullah Depok Juara Lomba Cerdas Cermat

 0
Pramuka MA Hidayatullah Depok Juara Lomba Cerdas Cermatby Redaksi Hidayatullahdepok.orgon.Pramuka MA Hidayatullah Depok Juara Lomba Cerdas CermatTIM Pasukan Peraturan Bari Berbaris (PBB) Madrasah Aliyah Hidayatullah (MAHID) Kota Depok, Jawa Barat, berhasil meraih juara 1 dan juara 3 lomba cerdas cermat PBB se-Cilodong pada Minggu (2/11) lalu yang ada di Lapangan Kostrad, Cilodong. Untuk meraih juara, tim PBB MAHID Depok secara konsisten menjalani proses berlatih rutin sebelum pertandingan itu digelar. Lomba ini […]
Selain Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) , Hidadayatullah Depok mengadakan  Pramuka Siaga (7-10 tahun), seperti dalam foto ini oleh siswa SDI Hidayatullah Depok / ist

Selain Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) , Hiddayatullah Depok mengadakan Pramuka Siaga (7-10 tahun), seperti dalam foto ini oleh siswa SDI Hidayatullah Depok / ist

TIM Pasukan Peraturan Bari Berbaris (PBB) Madrasah Aliyah Hidayatullah (MAHID) Kota Depok, Jawa Barat, berhasil meraih juara 1 dan juara 3 lomba cerdas cermat PBB se-Cilodong pada Minggu (2/11) lalu yang ada di Lapangan Kostrad, Cilodong.

Untuk meraih juara, tim PBB MAHID Depok secara konsisten menjalani proses berlatih rutin sebelum pertandingan itu digelar. Lomba ini diikuti oleh 140 siswa dari 9 sekolah SMA sederajat se-Kota Depok.

Tentu saja sekolah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tim pelatih kepanduan yang mendampingi tim PBB Mahid ini. Sebab, mereka telah sukarela dengan penuh kesabaran dalam melatih PBB menjadi mata pelajaran tersendiri bagi siswa, yakni kedisiplinan siswa baik disekolah maupun di rumah.

Seperti diketahui, Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

“Pramuka” merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Sedangkan yang dimaksud “Kepramukaan” adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.
Lebih jauh bahwa sesungguhnya Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.

Selain itu, dengan ikut serta dalam kegiatan Pramuka, peserta didik di lingkungan MAHID Depok menjadi warga negara yang berjiwa kuat, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Gerakan Pramuka memiliki prinsip dasar yang harus menjadi jatidiri peserta pramuka MAHID Depok yakni beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya, peduli terhadap dirinya pribadi, dan taat kepada Kode Kehormatan Pramuka. (hdg/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply