Santri Hidayatullah Depok Wisata Edukasi ke Islamic Book Fair 2015

 0
Santri Hidayatullah Depok Wisata Edukasi ke Islamic Book Fair 2015by Redaksi Hidayatullahdepok.orgon.Santri Hidayatullah Depok Wisata Edukasi ke Islamic Book Fair 2015KURANG lebih seratus santri siswa SMP Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, melakukan kunjungan wisata edukasi ke pagelaran acara pameran buku Islam terbesar di Indonesia (Islamic Book Fair) 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (06/03/2015). Islamic Book Fair (IBF) ke-14 tahun 2015 ini sendiri digelar di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta mulai tanggal 27 Februai […]

IMG-20150305-WA009KURANG lebih seratus santri siswa SMP Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, melakukan kunjungan wisata edukasi ke pagelaran acara pameran buku Islam terbesar di Indonesia (Islamic Book Fair) 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (06/03/2015).

Islamic Book Fair (IBF) ke-14 tahun 2015 ini sendiri digelar di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta mulai tanggal 27 Februai 2015 hingga 8 Maret 2015 mendatang.

Pameran buku nasional terbesar ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dengan mengusung tema “Di Bawah Naungan Al Qur’an”.

Mendikbud mengatakan, tema acara ini merupakan gambaran keyakinan umat tentang peran Al Qur’an dan As Sunnah sebagai pedoman yang membimbing umat dalam setiap langkahnya. Menurut Anis, umat Islam merasa nyaman karena memiliki Al Qur’an sebagai penunjuk jalan dan pembimbing agar tidak tersesat.

Ia menambahkan, sesuai dengan tema tersebut, IBF 2015 akan mengadakan serangkaian acara yang membedah kemukijzatan Al-Qur’an di panggung IBF, baik Panggung Utama di lantai 1 maupun Ruang Anggrek di lantai 2.

Acara tersebut antara lain, talkshow Program Wakaf Qur’an di 99 Pulau Terpencil di Nusantara pada Jumat (27/8) pukul 16.30-18.00 lalu dan workshop Pengaruh Al-Qur’an terhadap tubuh Manusia pada hari yang sama, mulai pukul 19.00.

Pada hari Jumat (6/3) ini diadakan launching Al-Qur’an Untuk Pemula, pukul 16.30-18.00. Acara tersebut akan menampilkan narasumber Ustaz Bachtiar Nasir, Dude Herlino, dan Pipik Dian Irawati.

Pada hari yang sama, di Ruang Anggrek, pukul 13.00-14.30  akan digelar seminar Aplikasi Nilai-nilai Al-Qur’an Dalam Pendidikan Keluarga. Seminar itu akan diisi Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS dan Dr Ahdian Husaini.

Pada hari terakhir, Ahad (8/3), juga ada acara berkaitan dengan keagungan Al-Qur’an. Acara tersebut adalah talk show Membumikan Al-Qur’an dengan Metode Mustaqilli bersama Dr Muhammad Nasih dan KH A Shohib Khoironi. Tempatnya di Ruang Anggrek, pukul 16.30-18.00.

IBF telah menjadi agenda penting bagi masyarakat perbukuan, para penerbit buku Islam, toko buku, pedagang buku lokal dan antar negara, penulis buku, penerjemah (buku berbahasa Arab ke bahasa Indonesia), editor buku dan percetakan.

IBF juga menjadi agenda penting bagi pengrajin kaligrafi, para pengusaha busana Muslim/muslimah, para santri dari pondok pesantren beserta para ustaz/ustazah, para cendikiawan dan profesional muda.

Salah seorang pendamping santri dalam kunjungan edukasi ini, Ustadz Ilman Abdullah, mengatakan kunjungan ke Islamic Book Fair ini telah menjadi tradisi Pesantren Hidayatullah Depok. Selain tingkat SMP, juga secara rutin dijadwalkan wisata serupa untuk santri tingkat SMA dan SD Hidayatullah.

“Ini sudah menjadi tradisi kita. Selain untuk mengenalkan santri terhadap dunia perbukuaan, juga mendorong mereka menjadi santri yang cerdas dan bermoralitas agung yang selalu membangun tradisi baca dan budaya menulis,” tukasnya.

Ia menambahkan, dari kegiatan ini santri mengaku mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran.

Seperti diakui oleh salah seorang santri, Azizil Hakim, “Dapat banyak buku baru yang murah. Saya terutama suka buku-buku sejarah Islam dan biografi tokoh terkenal. Saya ingin belajar dari semangat mereka,” ujarnya. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply