Unggulnya Program PAUD Hidayatullah Depok, Akses Mudah dan Biaya Terjangkau

 0
Unggulnya Program PAUD Hidayatullah Depok, Akses Mudah dan Biaya Terjangkauby Redaksi Hidayatullahdepok.orgon.Unggulnya Program PAUD Hidayatullah Depok, Akses Mudah dan Biaya TerjangkauSELAIN sebagai lembaga Islam yang menyelenggarakan pondok pesantren dengan pola pendidikan terintegrasi mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi (PT), Yayasan Hidayatullah Depok, juga terus memantapkan program pendidikan anak usia dini (PAUD) mulai dari nol hingga 3 tahun. Saat ini Hidayatullah Depok telah menyelenggarakan program pendidikan usia dini mulai dari Baby House Hidayatullah, Toodler Hidayatullah, […]
Ilustrasi

Ilustrasi

SELAIN sebagai lembaga Islam yang menyelenggarakan pondok pesantren dengan pola pendidikan terintegrasi mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi (PT), Yayasan Hidayatullah Depok, juga terus memantapkan program pendidikan anak usia dini (PAUD) mulai dari nol hingga 3 tahun.

Saat ini Hidayatullah Depok telah menyelenggarakan program pendidikan usia dini mulai dari Baby House Hidayatullah, Toodler Hidayatullah, dan Taman Kanak-Kanak Yaa Bunayya.

Sekretaris Yayasan Hidayatullah Depok, Ustadz Lalu Mabrul, menerangkan bahwa pendidikan usia dini ketiga tahapan tersebut menjadi sangat penting untuk pendampingan tumbuh kembang anak. Karenanya, pihaknya sangat konsen untuk terus mengambangkan aspek-aspek yang terkait di dalamnya.

Menurut Lalu Mabrul,  sebenarnya keliru pandangan yang menyatakan pendidikan untuk anak usia dini ditujukan untuk mereka dengan rentang usia 4-6 tahun. Padahal, tegas beliau, anak pada usia 0-3 tahun sudah butuh pendidikan.

“Usia pada rentang nol sampai 3 tahun merupakan golden age atau usia emas. Sebab, 80 persen pertumbuhan otak terjadi pada masa usia emas tersebut sedangkan penyempurna sebesar 20 persen terbentuk pada masa pendidikan di atas usia tersebut,” jelasnya disela-sela tugas harian beliau.

Sehingga, tegas Mabrul, di usia emas tersebutlah pendidikan perlu dimantapkan dan menjadi skala prioritas. Terlebih bagi anak-anak yang tumbuh di kawasan kumuh perkotaan.

Dalam aplikasinya, Mabrul menilai, pendidikan anak usia dini tak harus selalu berbentuk media kelas dan guru. Pendidikan untuk anak usia emas ini bisa diterapkan dimana dan oleh siapa saja. Dalam hal ini orangtua memiliki peran penting.

Urgennya pengelolaan pendidikan usia dini perlu terus dikembangkan sebab kata Mabrul minimnya pendidikan anak usia dini apalagi kawasan-kawasan tertentu yang kumuh atau di wilayah perkotaan pada penduduk adalah timbulnya fenomena word gap. Yaitu kemampuan mereka menyimpan koleksi kata-kata dalam otak. Akibatnya akan jelas terlihat saat mereka berada di sekolah formal.

“Sehingga pendidikan usia dini menjadi salah satu prioritas penting agar perhatian terhadap para generasi umat ini benar-benar terdampingi dengan pola dan skema kepengasuhan yang integral,” ungkapnya.

Menurut beliau, bila pendidikan sudah disadari harus diberlakukan sedini mungkin, bukan hanya fenomena word gap dapat dipecahkan, melainkan juga mereduksi angka kejahatan di masa datang.

Pendidikan Integral

Walaupun umumnya layanan sekolah usia dini mahal dan susah dijangkau, Yayasan Pondok Pesantrenn Hidayatullah Depok tetap menerapkan sistem pembiayaan yang sangat minimal dengan fasilitas yang cukup memadai.

Selain itu, lingkungan pesantren yang asri dan Islami, turut membantu mendukung penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang aman, terjaga, serta aspek keterjangkauan dari berbagai arah.

Lebih dari itu, sebagai lembaga pendidikan yang terpadu (integral) semua warga pesantren dituntut menjadi teladan bagi yang muda khususnya anak-anak sehingga ini semakin menambah rasa aman kita menitipkan anak ke layanan program pendidikan anak usia dini di Pesantren Hidayatullah Depok.

_________

Informasi lebih lanjut tentang layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pesantren Hidayatullah Depok, dapat menhubungi nomor telepon (021)-8790-9613 atau mobile phone: 0813-6655-4740.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply