Ponpes Hidayatullah Depok Penuh Semangat Masuki Tahun Akademik 2015-2016

 0
Ponpes Hidayatullah Depok Penuh Semangat Masuki Tahun Akademik 2015-2016by Yacong B Halikeon.Ponpes Hidayatullah Depok Penuh Semangat Masuki Tahun Akademik 2015-2016USAI menjalani libur Idul Fitri yang disertai dengan libur sekolah dan Ramadhan, santri dan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, kembali memasuki tahap pembelajaran tahun akademik 2015-2016. Memasuki tahun akademik 2015 ini, semangatnya tentu berbeda apalagi setelah menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Tidak saja matang secara persiapan […]

USAI menjalani libur Idul Fitri yang disertai dengan libur sekolah dan Ramadhan, santri dan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, kembali memasuki tahap pembelajaran tahun akademik 2015-2016.

Memasukpendidikan islam hidayatullah depok (2)i tahun akademik 2015 ini, semangatnya tentu berbeda apalagi setelah menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Tidak saja matang secara persiapan fisik tapi juga siap secara spiritualitas.

Pengemban amanah pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok didorong untuk terus mengejawantah nilai-nilai spirit yang terkandung di dalam bulan suci Ramadhan.

Dengan internalisasi yang baik terhadap tarbiyah Ramadhan, Insya Allah, akan melahirkan insani yang siap menerima titah Ilahi dalam ranga mentransformasikan ke dalam semua aspek kehidupan tak terkecuali di bidang kependidikan.

Dengan bekerja yang dilandasi dengan etos kerja profetik sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah, maka akan melahirkan kinerja yang mpendidikan islam hidayatullah depok (1)aksimal. Ini sebagaimana juga telah dipesankan oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Ustadz Wahyu Rahman.

Ustadz Wahyu Rahman mengingatkan bahwa bekerja dalam ajaran Islam adalah manifestasi dari iman. Bekerja adalah sebagai bagian dari ibadah. Sedang bagi umat yang lain, mungkin hanya sekedar mengisi waktu, mengejar harta, dan lain sebagainya.

Ustadz Wahyu Rahman menggambarkan bagaimana ciri setiap insan muslim yang bekerja yang menjadikan pekerjaannya sebagai wujud pengabdian diri kepada Allah Ta’ala.

Beliau menjelaskan, motivasi kerja bagi setiap penggerak yayasan dan terkhusus yang berkecimpung di bidang pendidikan Hidayatullah Depok adalah diniatkan dalam rangka pengabdian kepada atau mencari ridha Allah Ta’ala. Adapun cara kerja hendaknya sesuai dan tidak bertentangan dengan syariat Islam. Selain itu juga memperhatikan etika Islam dengan mengdepankan kemakrufan.

Seorang muslim, lanjut beliau, harus menjadikan pekerjaannya dapat memberikan nilai manfaat kepada segenap manusia di sekitarnya khususnya para peserta didik yang menjunjung tinggi nilai kebaikan, egaliter, dan keselamatan bagi semua (rahmatan lil alamin).

Dengan bekerja sebagai motivapendidikan islam hidayatullah depok (3)si ibadah, semestinya setiap pelakunya selalu memberikan yang terbaik semaksimal mungkin. Yakni, selalu bekerja semaksimal mungkin, bukan seadanya. Itulah yang disebut sebagai “ihsan” (berbuat baik) atau “itqan”(hasil terbaik).

“Allah bahkan memerintahkan kita meniru karya-Nya dalam bekerja,” ujar Ustadz Wahyu Rahman seraya mengutip Firman Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an surah Al Qashash [28] ayat 77: “Maka berbuat baiklah (fa ahsin) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu”.

Bekerja dengan motivasi di atas semestinya juga akan melahirkan kerja keras, tegar, jujur, dan profesional dalam kondisi apa pun. Berbeda dengan motivasi jabatan misalnya, hanya bekerja ketika ada iming-iming atau konsekuensi jabatan, jika tidak dia akan enggan.

Sedang bekerja dengan motivasi ibadah semesteinya akan bekerja dengan semangat meski imbalan langsung tidak nampak, meskipun uang sedikit, meski tidak ada yang melihat, meski tidak dipuji atasan. Karena memang motivasinya adalah pengabdian kepada Allah pendidikan islam hidayatullah depok (4)Ta’ala. Sedang Dia selalu ada, selalu mengawasi, selalu mengetahui apa yang kita lakukan.

Alhamdulillah, Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok dengan seabreg program keummatan yang ada di dalamnya mencakup layanan pendidikan, sosial, dan dakwah, dan ekonomi berbasis keummatan berkomitmen untuk terus memberi karya-karya terbaik dalam rangka untuk memberi manfaat untuk semesta. Insya Allah. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply