Mini Outbound SD Hidayatullah Depok, Latih Kecerdasan Motorik dan Kognisi Anak

 0
Mini Outbound SD Hidayatullah Depok, Latih Kecerdasan Motorik dan Kognisi Anakby Yacong B Halikeon.Mini Outbound SD Hidayatullah Depok, Latih Kecerdasan Motorik dan Kognisi AnakYAYASAN Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, terus berbenah. Berbagai pengembangan pun terus dilakukan. Selain saat ini sedang dilakukan renovasi beberapa titik bangunan untuk peningkatan kualitas bangunan yang lebih representatif seperti gedung asrama SMP, SMA, Mahasiswa, Play Group dan Baby House dan penambahan lokal gedung SD Hidayatullah. Saat ini telah hadir fasilitas lokasi mini outbound yang terletak di […]

YAYASAN Podepok 2ndok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, terus berbenah. Berbagai pengembangan pun terus dilakukan.

Selain saat ini sedang dilakukan renovasi beberapa titik bangunan untuk peningkatan kualitas bangunan yang lebih representatif seperti gedung asrama SMP, SMA, Mahasiswa, Play Group dan Baby House dan penambahan lokal gedung SD Hidayatullah. Saat ini telah hadir fasilitas lokasi mini outbound yang terletak di belakang gedung utama SD Islam Integral Hidayatullah Depok.

Dengan luas yang cukup dan memadai, lokasi outbound menjadi salah satu pusat permainan siswa selepas belajar. Permainan Outbound sejatinya untuk melatih keberanian anak sedari kecil. Karenanya, atas kesadaran tersebut, pihak sekolah menghadirkan fasilitas ini untuk mendukung dan mengajarkan anak mengenai dasar kepemimpinan.

Fasilitas outbound ini juga diharapkan akan menumbuhkan keberanian yang dirangsang se dini mungkin melalui media permainan dan hiburan berupa mini outbound ini yang diharapkan impilikasinya selalu bertumbuk setiap waktu.

Sesuai penelitian, kegiatan merangsang gerak otot seperti outbound dapat mengajarkan anak berbaur depok 7(beradaptasi) dan berinteraksi dengan teman sebaya atau teman yang berbeda usia darinya. Bukan hanya itu, outbound juga dapat mengembangkan aspek motorik (pergerakan otot-otot) dan kognisi (cara berpikir).

Beberapa manfaat outbound bagi anak, di antaranya adalah akan menumbuhkan kepercayaan diri anak. Outbound dapat meningkatkan kepercayaan diri anak karena aktivitas outbound penuh dengan tantangan.

Misalkan flying fox (meluncur dari ketinggian tertentu dengan bantuan tali dan katrol) atau menyeberangi dari satu pohon ke pohon lain dengan menggunakan tambang. Mungkin anak-anak akan merasa takut pada awalnya, tetapi saat mereka dapat melalui tantangan demi tantangan, akan memunculkan rasa kebanggaan pada diri anak.

Permainan outbound juga akan melatih kemampuan sosial anak. Beberapa kegiatan outbound ada yang memerlukan kerja sama antar-tim. Outbound dapat memberi kesempatan bagi anak-anak untuk berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain.

Outbound juga dapat mdepokelatih kemandirian anak. Orangtua tidak campur tangan saat mengikuti outbound. Ketika ada tantangan atau persoalan, anak harus dapat melaluinya dengan caranya sendiri. Bagi anak-anak yang cenderung dependen (tergantung) atau manja, outbound akan melatih mereka untuk bisa mengandalkan diri mereka sendiri.

Outbound merangsang kemampuan anak kita dalam memecahkan masalah. Beberapa permainan outbound memerlukan ketangkasan. Anak harus dapat kreatif dan berpikir bagaimana ia dapat menyelesaikan permainan ini.

Outbound dapat menumbuhkan kepekaan motorik anak. Aktvitas outbound karena dilakukan di alam terbuka, pastinya memerlukan banyak unsur pergerakan fisik, seperti memanjat, berlari, menarik, atau mendorong. Outbound juga dapat melatih keseimbangan tubuh anak-anak.

Kegiatan outboundepok 9d menumbuhkan rasa cinta pada alam karena dilaksanakan di alam terbuka, outbound memberi kesempatan bagi anak-anak untuk bersentuhan dengan alam.

Itulah beberapa yang dapat dipaparkan mengenai manfaat permainan outbound. SD Hidayatullah Depok berkomitmen menghadirkan layanan ini karena menilai betapa sangat pentingnya perangsangan potensi-potensi anak sejak usia dini.

Insya Allah, kendati belum sepenuhnya sempurna, fasilitas layanan mini outbound SD Islam Integral Hidayatullah Depok ini dapat mendukung tercapainya tujuan-tujuan pendidikan sesuai dengan spirit intuitif lembaga pendidikan Hidayatullah Depok, yakni mendidik dengan cinta dan doa. Aamiin. (ybh)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply