Master Dongeng Kak Bimo Hadir di Hidayatullah Depok, Hanya 2 Hari!

 0
Master Dongeng Kak Bimo Hadir di Hidayatullah Depok, Hanya 2 Hari!by Yacong B Halikeon.Master Dongeng Kak Bimo Hadir di Hidayatullah Depok, Hanya 2 Hari! TIDAK ada yang menyangkal jika dongeng sangatlah penting untuk anak-anak. Namun sayangnya, masih banyak orangtua yang abai terhadap masalah ini. Padahal, dalam banyak penelitian dan temuan ilmiah dilaporkan bahwa berdongeng mampu meningkatkan imajinasi anak hingga kepada mengasah kepekaan emosional anak. Kesibukan kita sebagai orangtua menjadi salah satu alasan kurangnya waktu kita untuk anak-anaknya. Sebuah survei yang […]

 MASTER DONGENG KAK BIMOTIDAK ada yang menyangkal jika dongeng sangatlah penting untuk anak-anak. Namun sayangnya, masih banyak orangtua yang abai terhadap masalah ini.

Padahal, dalam banyak penelitian dan temuan ilmiah dilaporkan bahwa berdongeng mampu meningkatkan imajinasi anak hingga kepada mengasah kepekaan emosional anak.

Kesibukan kita sebagai orangtua menjadi salah satu alasan kurangnya waktu kita untuk anak-anaknya. Sebuah survei yang dilakukan pada 500 anak usia 3-8 tahun di Inggris mengungkapkan, hampir 2/3 anak yang disurvei menginginkan orangtuanya meluangkan waktu untuk membacakan cerita sebelum mereka tidur, terutama oleh sang ibu.

Psikolog anak Ibu Efnie Indrianie mengatakan, salah satu cara terbaik untuk meluangkan waktu bagi anak-anak adalah melalui mendongeng bagi mereka. Tapi faktanya, sampai saat ini kegiatan mendongeng sudah banyak ditinggalkan oleh para orangtua, karena dianggap merepotkan dan membuat mereka semakin lelah setelah seharian bekerja.

Padahal sebenarnya mendongeng merupakan kegiatan positif yang bisa mengeratkan hubungan ibu dan anak. Mendongeng bukanlah kegiatan untuk menidurkan anak, tapi lebih berfungsi untuk meningkatkan kedekatan ibu dan anak, dan mengembangkan kemampuan otak anak.

Tapi tentu, berdongeng ada caranya. Berdongeng yang bagus adalah yang menarik minat anak-anak kita untuk serius memperhatikannya. Banyak orang bisa membberdongeng dengan kak bimo2aca dongeng yang ada di buku, tapi nihil sekali yang mampu merefleksikannya dalam bentuk ekspresi. Dan, tentu dongengnya pun harus benar-benar Islami dan mengandung pesan edukasi.

Mendongeng juga membantu perkembangan psikologis dan kecerdasan emosional anak, serta beberapa manfaat lain seperti mengembangkan imajinasi anak. Dunia anak adalah dunia yang penuh imajinasi. Anak usia 3-7 tahun memiliki “dunia”-nya sendiri, bahkan mempunyai teman khayalan sebagai teman mereka bermain. Hal ini sebenarnya tidak salah, karena bisa membantu proses perkembangan mereka.

Namun, sebaiknya orangtua tetap mengontrol imajinasi meeka agar tetap positif, salah satunya melalui pembacaan dongeng. Melalui dongeng yang dibacakan sang ibu, imajinasi anak akan diarahkan dengan lebih baik.

DOngeng juga akan meningkatkan keterampilan berbahasa anak. Mendengarkan dongeng merupakan salah satu stimulasi dini yang bisa digunakan untuk merangsang keterampilan berbahasa pada anak.

Dongegng juga meningkatkan minat baca anak. Secara tak langsung, anak-anak yang memiliki ketertarikan pada dongeng akan memiliki rasa penasaran yang lebih tinggi. Cara yang paling mudah untuk mendongeng adalah dengan membacakan buku cerita kepada mereka. Ketika tertarik pada dongeng, mereka menjadi lebih tertarik pada buku-buku cerita bergambar. Dengan sendirinya, minat baca mereka juga meningkat.

Berdongeng juga akan membangun kecerdasan emosional. Selain mendekatkan keakraban ibu dan anak, mendongeng ternyata bisa membangun kecerdasan emosional anak. Anak-anak akan belajar tentang nilai-nilai moral dalam kehidupan. Anak-anak kecil sulit untuk belajar tentang berbagai hal yang abstrak, seperti kebaikan pada sesama. Tetapi dengan dongeng, anak akan terbantu dalam memahami nilai-nilai emosional pada sesama.

Dongeng juga mampi membentuk anak yang mampu berempati. Stimulasi melalui dongeng akan mampu merangsang kepekaan anak usia 3-7 tahun terhadap berbagai situasi sosial. Mereka akan belajar untuk lebih berempati pada lingkungan sekitarnya. Stimulasi akan lebih baik jika dilakukan dengan merangsang indera pendengaran dibandingkan visual.

Stimulasi visual melalui televisi atau game memang akan merangsang kepandaian visual, namun tidak akan merangsang kepekaan perasaan dan empati anak. Dengan pendengaran, dan cerita-cerita yang mendidik, anak akan lebih mudah menyerap nilai-nilai positif dan berempati dengan orang lain.

Nah, Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang pentingnya berdongeng dan urgenya kepeduliaan kita terhadap masa tumbuh kembang anak. Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok menghadirkan pendongeng nasional yang juga seorang Master Dongeng Indonesia, Bambang Bimo Suryono, atau biasa disapa Kak Bimo.

Siapa Kak Bimo sudah banyak diulas di berbagai media. Jadi kami tak pelu menjelaskan figur beliau panjang lebar. Cukup ketik di Google “Kak Bimo Dongeng”, maka Anda akan menemukan ratusan artikel dan juga video tentang beliau.

Alhamdulillah, sekolah kita SD Integral Hidayatullah Depok sudah dapat jadwal untuk bisa mengikuti acara penting ini yang, Insya Allah, akan digelar pada Tanggal 22 dan 23 Agustus 2015.

Daftarkan segera ananda. Jangan lewatkan kesempatan emas dan sangat langka ini. Sudah banyak yang merasakan manfaatnya, sekarang giliran Anda! Ingat, kuota terbatas!

DAFTAR DAN INFORMASI LEBIH LANJUT, KONTAK WA/SMS:

  • Ustadz Iwan: 0817-4948-734
  • Ustazah Nenny: 0857-1822-1449

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply