Layanan Qurban Mudah dan Berkah? di Pesantren Hidayatullah Depok Saja!

 0
Layanan Qurban Mudah dan Berkah? di Pesantren Hidayatullah Depok Saja!by Yacong B Halikeon.Layanan Qurban Mudah dan Berkah? di Pesantren Hidayatullah Depok Saja!YAYASAN Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, kembali menerima dan menyalurkan hewan qurban kaum Muslimin pada momentum Idul Adha 1436 Hijriyah tahun ini. Pondok Pesantren Hidayatullah Depok sendiri telah menyelenggarakan penerimaan dan pendistribusian hewan Qurban sejak belasan tahun lalu yang membawahi panti asuhan Pusat Pendidikan Anak Shaleh (PPAS) Yayasan Marhamah menyantuni dan mendidik kalangan […]

SAM_0284YAYASAN Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, kembali menerima dan menyalurkan hewan qurban kaum Muslimin pada momentum Idul Adha 1436 Hijriyah tahun ini.

Pondok Pesantren Hidayatullah Depok sendiri telah menyelenggarakan penerimaan dan pendistribusian hewan Qurban sejak belasan tahun lalu yang membawahi panti asuhan Pusat Pendidikan Anak Shaleh (PPAS) Yayasan Marhamah menyantuni dan mendidik kalangan dhuafa, yatim, dan terlantar.

Yayasan Marhamah Hidayatullah atau yang sekarang secara nasional bernama Pusat Pendidikan Anak Shaleh (PPA) membina dan menyantuni ratusan anak-anak tidak mampu mulai dari tingakt sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang berada di lingkungan lembaga pendidikan Pesantren Hidayatullah Depok.

Pesantren Hidayatullah Depok memantau 24 jam kehidupan sedikitnya 130 anak pada tahun 2015 ini terdiri dari yatim, piatu, dan dhuafa di Yayasan Marhamah Pesantren Hidayatullah Depok. Tentu berkat dukungan donasi dan swadaya masyarakat kaum Muslim, khususnya masyarakat Kota Depok, anak-anak asuh Yayasan Marhamah dapat terus mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Salah seorang pengaush santri, Muhammad Irfan, mengatakan pendidikan mereka yang berasrama (boarding school) khususnya yang duduk dibangku SMA dan SMA. Mereka mendapatkan jatah makan 3 kali sehari, kebutuhan air bersih, semua terjamin.

“Adapun anak-anak dari kalangan yang mampu, tetap membayar SPP yang nantinya dana tersbeut dalam rangka untuk mensubsidi anak-anak dari kalangan dhuafa,” terang Irfan.

Herwan qurban yang diamanahkan kepada Pesantren Hidayatullah Depok selain didistribusikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkanu, juga disalurkan kepada anak-anak asuh Yayasan Marhamah baik dalam bentuk masakan jadi maupun daging mentah.

Menyambut kehadiran Hari Raya Idul Qurban, Pondok Pesantren Hidayatullah Depok (PPHD) telah bersiap siaga untuk membantu kaum Muslimin menyelenggarakan ibadah mulia yang Allah teladankan dari kisah Nabi Ibrahim Alayhissalam ini.

Ada beberapa kelebihan dan fasilitas yang memudahkan kaum Muslimin ketika ber-Qurban bersama PPHD. Di antaranya adalah harga dan kualitas hewan Qurban bersaing, transaksi pemesanan bisa via SMS atau telefon, hewan Qurban sudah tersedia di kandang dan bisa dilihat langsung, bebas biaya transportasi, disediakan dokumentasi, dan tentu saja mendapat jatah hewan Qurban.

Bagi Anda yang ingin turut serta berbagai kebahagiaan bersama santri Yayasan Marhamah Pondok Pesantren Hidayatullah Depok dan masyarakat tidak mampu dengan menyalurkan hewan qurbannya, dapat menghubung sekretariat panitia Bapak Khumaini Abdullahi 0813-6655-4740 atau Bapak Candra Abu Omar 0858-1160-5894. (ybh/hio)

=============

Berikut ini beberapa hikmah dan keutamaan melaksanakan ibadah Qurban pada momentum Idul Adha:
Pertama, Berqurban adalah ciri keislaman seseorang

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” [HR. Ahmad dan Ibnu Majah]

Kedua, Ada Kebaikan dari setiap helai bulu hewan kurban

Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.”. Mereka para shabata menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR. Ahmad dan ibn Majah]

Ketiga, Ibadah qurban ibadah yang paling disukai oleh Allah

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah–sebagai qurban–di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” [HR. Ibn Majah dan Tirmidzi. Tirmidzi menyatakan: Hadits ini adalah hasan gharib]

Keempat, Berqurban membawa misi kepedulian

“Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah” [HR. Muslim]

Kelima, Berqurban adalah ibadah yang paling utama

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.” [Qur’an Surat Al Kautsar : 2]

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah ra sebagaimana dalam Majmu’ Fatawa (16/531-532) ketika menafsirkan ayat kedua surat Al-Kautsar menguraikan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan beliau untuk mengumpulkan dua ibadah yang agung ini yaitu shalat dan menyembelih qurban yang menunjukkan sikap taqarrub, tawadhu’, merasa butuh kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, husnuzhan, keyakinan yang kuat dan ketenangan hati kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, janji, perintah, serta keutamaan-Nya.”

“Katakanlah: sesungguhnya shalatku, sembelihanku (kurban), hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” [Qur’an Surat Al An’am : 162]

Beliau juga menegaskan: “Ibadah harta benda yang paling mulia adalah menyembelih qurban, sedangkan ibadah badan yang paling utama adalah shalat…”

Keenam, Berqurban adalah sebagian dari syiar agama Islam

“Dan bagi tiap-tiap ummat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” [Qur’an Surat Al Hajj:34]

Ketujuh, Mengenang ujian kecintaan dari Allah kepada Nabi Ibrahim

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” [Qur’an Surat Ash Shaffat : 102 – 107]

Demikianlah beberapa hikmah Qurban Idul Adha dari sekian banyak hikmah lainnya yang bisa dipaparkan di sini. Kita semua diberikan kemampuan untuk melaksanakan ibadah mulia ini di tahun ini, Insya Allah, Aamiin.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply