Santri dan Warga Ponpes Hidayatullah Depok Jaga Tradisi Wirid Berjamaah

 0
Santri dan Warga Ponpes Hidayatullah Depok Jaga Tradisi Wirid Berjamaahby Yacong B Halikeon.Santri dan Warga Ponpes Hidayatullah Depok Jaga Tradisi Wirid BerjamaahSANTRI di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, wajibkan untuk selalu menjaga tradisi wirid/ dzikir (tawajjuhat). Sebagaimana telah ditetapkan oleh ormas Hidayatullah, setiap warga di lingkungan Hidayatullah setidaknya harus mengamalkan bacaan dzikir dalam lembar Tawajjuhat yang diterbitkan oleh PP Hidayatullah. Selain tradisi berpakaian putih-putih ke masjid, di sini semua santri juga diwajibkan untuk […]

Santri dan Warga Ponpes Hidayatullah Depok Jaga Tradisi Wirid BerjamaahSANTRI di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, wajibkan untuk selalu menjaga tradisi wirid/ dzikir (tawajjuhat).

Sebagaimana telah ditetapkan oleh ormas Hidayatullah, setiap warga di lingkungan Hidayatullah setidaknya harus mengamalkan bacaan dzikir dalam lembar Tawajjuhat yang diterbitkan oleh PP Hidayatullah.

Selain tradisi berpakaian putih-putih ke masjid, di sini semua santri juga diwajibkan untuk mengikuti wirid berjamaah di masjid setiap selepas shalat berjamaah Shubuh, Ashar, dan Isya (wirid sebelum tidur).

Dengan membangun kebiasaan berdzikir usai shalat, diharapkan santri-santri kita ini kelak menjadikan wirid-wirid ini sebagai sebuah rutinitas spontan yang telah tertanam di alam bawah sadar mereka. Bahwa hanya Allah Ta’alaa semata yang berhak dipuja dan hanya kepada-Nya memohon pertolongan.

Sejatinya dzikir bisa dilakukan kapan saja, terutama ketika kita setelah selesai melakukan shalat, baik yang wajib maupun yang sunnah.

 

Santri dan Warga Ponpes Hidayatullah Depok Jaga Tradisi Wirid Berjamaah4

Namun zikir juga dapat dilakukan di mana saja, asalkan di tempat yang suci dan terhindar dari tempat yang kotor dan najis. Adapun di Pesantren Hidayatatullah Depok, kegiatan ini dikondisikan sedemikian rupa agar lebih mudah dan lapang dalam pelaksanaannya.

Selain untuk membangun kedisiplinan sedari dini, tradisi ini dijaga untuk menanamkan ke dalam benak sehingga kemudian amalan ini benar-benar menghujam dalam sanubari sebagai sebuah spontanitas yang dibutuhkan.

Dzikir tentu banyak sekali manfaatnya. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , ‘Amal apakah yang paling dicintai oleh Allâh Azza wa Jalla ?’ Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Engkau mati dalam keadaan lidahmu basah karena berdzikir kepada Allâh Azza wa Jalla .’”

Karena itu Allah Azza wa Jalla memerintahkan kaum Mukminin untuk banyak berdzikir kepada-Nya dan Allâh memuji orang-orang yang banyak berdzikir. Allâh Azza wa Jalla berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا ﴿٤١﴾ وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allâh, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” [ QS: al-Ahzâb [33]:41-42]

Santri dan Warga Ponpes Hidayatullah Depok Jaga Tradisi Wirid Berjamaah3

Allâh Azza wa Jalla juga berfirman, yang artinya, “… Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allâh, Allâh telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.“[QS: al-Ahzâb [33]:35]

Para sahabat berkata, “Siapa al-Mufarridûn wahai Rasûlullâh?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kaum laki-laki dan perempuan yang banyak berdzikir kepada Allâh.”

Yang jelas sangat banyak sekali faedah yang didapatkan dengan berdzikir kepada Allah Ta’ala. Tapi tentu harus dipahami bahwa tidak semua dzikir berefek sekaligus. Efek dzikir baru dapat dirasakan ketika betul dilakukan dengan penuh keyakinan dan keimanan yang lurus.Santri dan Warga Ponpes Hidayatullah Depok Jaga Tradisi Wirid Berjamaah2

Dzikir yang tidak dituruti oleh amal shaleh tidak akan melahirkan apa-apa selain kedahagaan. Karena itu, jangan pernah berputus asa. Teruslah mencari dan memburu Rahmat Allah. Terus berlatih dan menguatkan diri dalam taat kepada-Nya. Insya Allah, dengan begitu keberkahan akan kita raih, Aamiiin. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply