Ponpes Hidayatullah Depok Menjadi Pusat Training Center Pengembangan SDM dan Manajerial

 0
Ponpes Hidayatullah Depok Menjadi Pusat Training Center Pengembangan SDM dan Manajerialby Yacong B Halikeon.Ponpes Hidayatullah Depok Menjadi Pusat Training Center Pengembangan SDM dan ManajerialUSTADZ IQBALULLAH, dai Hidayatullah yang bertugas di Kabupaten Serui, Papua, sedang berceramah di hadapan santri di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, lepas Magrib malam ini, Senin (05/10/2015). Ustadz Iqbalullah menceritakan seluk beluk berdakwah di Biak dan tanah Papua secara umum. Banyak dukanya, tetapi suka citanya juga tidak sedikit. Apalagi di saat-saat terasanya kedekatan […]

ustadz iqbalullahUSTADZ IQBALULLAH, dai Hidayatullah yang bertugas di Kabupaten Serui, Papua, sedang berceramah di hadapan santri di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, lepas Magrib malam ini, Senin (05/10/2015).

Ustadz Iqbalullah menceritakan seluk beluk berdakwah di Biak dan tanah Papua secara umum. Banyak dukanya, tetapi suka citanya juga tidak sedikit. Apalagi di saat-saat terasanya kedekatan dengan Al Khalik.

Beliau dalam ceramahnya berpesan kepada para santri untuk banyak belajar dan mengamalkan ilmunya. Santri, kata beliau, tidak boleh sombong karena keberadaan Pesantren Hidayatullah di manapun berada adalah tempat pengikisan thaga’ (kesombongan). Kalau ada yang sombong pasti terjungkal.

Kata beliau, dirinya sejak berada di Hidayatullah tidak pernah merasa kekurangan kendati sebagai seorang dai di Papua tidak selalu ada uang dan pas-pasan saja. Padahal biaya hidup di Papua itu selangit. Perbandingan harga antara Rp.10.000 sampai Rp.15.000. Tapi tetap bisa makan juga. Inilah hikmah dari hidup berjamaah dimana kita saling menolong dan mendoakan.

Kepada santri ia juga berpesan untuk berbakti kepada orangtua dan senantiasa istiqomah menegakkan kalimat Allah Ta’ala melaluo lembaga Hidayatullah ini.

Sekedar diketahui, ceramah atau taushiah seperti ini merupakan salah satu tradisi di Pesantren Hidayatulah. Jika ada tamu dari cabang lain yang bertandang, maka ia akan diminta untuk menyampaikan ceramah atau dalam bahasa Hidayatullah, “laporan dakwah” atau “laporan perjalanan”.

Dengan ini diharapkan para santri memahami dan mencecapi kultur berlembaga di Hidayatullah melalui taushiah-taushiaj yang disampaikan oleh dai-dai yang telah tandang ke gelanggang. Kesempatan seperti ini juga merupakan momen untuk mengenal kompleksitas problem keummatan.

Pusat Pelatihan

Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, selama ini memang telah menjadi tuan rumah setiap even nasional untuk pelatihan atau training center bagi pengembangan sumber daya manusia di lingkungan ormas Hidayatullah.

Alhamdulillah, hingga sejauh ini helatan nasional yang untuk acara-acara menyangkut pelatihan SDM khususnya aspek manajerial dan pengembangan kompetensi kader telah mencapai puluhan angkatan digelar Kampus Hidayatullah Depok.

Tentu saja tidak sederhana menjadi tuan rumah. Apalagi di setiapa acara yang digelar selalu banyak peserta, setidaknya di atas 50 orang peserta. Sehingga hal ini membutuhkan kerjasama cukup ekstra antar semua penanggungjawab semua lini. Mulai dari bagian kebersihan, pelayanan tamu, konsumsi, acara, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah berkat dukungan dan kerjasama yang terbangun dengan baik antar semua pihak, setiap acara yang digelar relatif selalu berjalan sukses dan lancar.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply