Pendidikan Pesantren dan Madrasah Pilihan Utama, Bukan Alternatif!

 0
Pendidikan Pesantren dan Madrasah Pilihan Utama, Bukan Alternatif!by Yacong B Halikeon.Pendidikan Pesantren dan Madrasah Pilihan Utama, Bukan Alternatif!UMUMNYA masyarakat masih banyak yang salah kaprah menilai bahwa lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren dan madrasah adalah swaka pendidikan alternatif. Padahal, fakta sesungguhnya, tidaklah demikian. Kedua corak pendidikan ini adalah merupakan ciri khas pendidikan bangsa Indonesia dan merupakan sistem pendidikan pilihan utama serta sejatinya sangatlah prioritas. Selain karena pesantren dan madrasah memang tidak bisa dielakkkan […]

hidayatullahdepokUMUMNYA masyarakat masih banyak yang salah kaprah menilai bahwa lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren dan madrasah adalah swaka pendidikan alternatif.

Padahal, fakta sesungguhnya, tidaklah demikian. Kedua corak pendidikan ini adalah merupakan ciri khas pendidikan bangsa Indonesia dan merupakan sistem pendidikan pilihan utama serta sejatinya sangatlah prioritas.

Selain karena pesantren dan madrasah memang tidak bisa dielakkkan dari kesejarahan bangsa Indonesia bahkan dunia, sistem pendidikan ini juga diakui terbukti  telah melahirkan figur-figur hebat di masanya.

Termasuk para founding father negeri ini, umumnya mereka adalah pahlawan lulusan madrasah dan pesantren. Mereka merupakan civitas alumni madrasah yang telah berkontribusi sangat positif untuk bangsa ini.

Berangkat dari realitas faktual tersebut, Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, berkomitmen terus mengawal sistem kependidikan terpadu ini melalui beragam level institusi pendidikan yang ada di dalam ranah pengelolaannya. Mulai dari tingkat PAUD, TK-TPA, SD, SMP, MA, dan perguruan tinggi.

Dengan keterpaduan kurikulum yakni Kurikulum Diknas dan Kepesantrenan yang turut dilandasi dengan corak khas pendidikan Tauhid yang digagas oleh Hidayatullah, metoda pendidikan kepesantrenan semakin menunjukkan kelasnya sebagai swaka generasi bangsa dengan sangat memperhatikan kompetensi holisitik peserta didik.

Pesantren Hidayatullah Depok berkomitmen menempatkan peserta didik -level manapun- sebagai organisme yang dinamis. Sehingga format edukasinya pun menerapkan skema hibrid dimana kemudian mereka semakin kaya dengan beragam medium untuk sampainya pengetahuan. Tidak semata pengetahuan, tetapi juga pendalaman yang mengantar peserta didik kepada kedalaman hati bahwa semua atas kuasa-Nya. Inilah yang kemudian melahirkan motto: Mendidik dengan Hati!

Dengan pendidikan Tauhid, diharapkan kemudian mereka dapat terus bertumbuh dalam keselarasan fikrah dan langkah. Antara diktum pengetahuan akan selaras dengan sikap keseharian. Dengan demikian kelak mereka tidak saja secara sukarela membaktikan diri kepada bangsa dan negara, namun juga memiliki dorongan dari dalam untuk menjadi figur yang secara kohesif menyebar kemanfaatan untuk lingkungan dan agamanya.

Lebih jauh tentang keunggulan pendidikan pesantren dan madrasah, anda dapat mengikutinya melalui saluran video berikut yang kami kutip dari video produksi Kemenag RI. Tonton selengkapnya, klik DI SINI!

 

 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply