Kegiatan Test Potensi Akademik Calon Murid Sekolah Integral Hidayatullah Depok

 0
Kegiatan Test Potensi Akademik Calon Murid Sekolah Integral Hidayatullah Depokby Yacong B Halikeon.Kegiatan Test Potensi Akademik Calon Murid Sekolah Integral Hidayatullah DepokDepartemen Pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok (DP2HD) menggelar kegiatan tes potenis akademik tahap I yang digelar 30 Januari 2016. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pendaftar dari berbagai daerah di Depok dan luar kota. Test potensi akademik calon murid baru SD Integral Hidayatullah Depok SMP Integral Hidayatullah Depok serta MA Hidayatullah di Pondok Pesantren Hidayatullah Depok […]

Departemen Pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok (DP2HD) menggelar kegiatan tes potenis akademik tahap I yang digelar 30 Januari 2016. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pendaftar dari berbagai daerah di Depok dan luar kota.

Test potensi akademik calon murid baru SD Integral Hidayatullah Depok SMP Integral Hidayatullah Depok serta MA Hidayatullah di Pondok Pesantren Hidayatullah Depok ini dalam rangka untuk menjaring calon murid yang selaras dengan program kependidikan pesantren.

Sekedar diketahui, Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan.

TPA sendiri sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada GRE.

Rangkaian TPA ini terutama untuk lingkup tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). Secara psikologi dipercaya bahwa terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus dimiliki seseorang sehingga ia berpeluang-besar berhasil menangani masalah yang bersifat intelektual.

Karena itulah, TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian mahasiswa baru dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta.

TPA umumnya juga digunakan dalam SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009 dan digunakan dalam SNMPTN tertulis untuk S1 sejak tahun 2012. Selain digunakan dalam penyaringan mahasiswa, TPA juga digunakan dalam penyeleksian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di kalangan peserta tes CPNS, TPA kerap disebut psikotest.

Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, menyelenggarakan TPA ini dalam rangka untuk mengetahui kadar minat calon murid guna menyesuaikannya dengan kompetensi yang dimilikinya. (ybh/hio)

FOTO-FOTO:

Tes masuk SMP Integral Hidayatullah Tes masuk SMP Integral Hidayatullah2 Tes masuk SMP Integral Hidayatullah3 Tes masuk SMP Integral Hidayatullah4

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply