Pendidikan Berasrama ala Pondok Pesantren Solusi Lejitkan Kompetensi Anak Didik

 0
Pendidikan Berasrama ala Pondok Pesantren Solusi Lejitkan Kompetensi Anak Didikby Yacong B Halikeon.Pendidikan Berasrama ala Pondok Pesantren Solusi Lejitkan Kompetensi Anak DidikPerkembangan era globalisasi yang semakin pesat membuat sistem pendidikan pun harus bisa mengikuti kemajuan teknologi. Hal tersebut dilakukan agar para peserta didik bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman di segala bidang. Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Hidayatullah Islamic Boarding School, Ustadz Abdul Rohim, mengatakan penyesuaian tersebut dilakukan supaya anak tidak kaget dan bisa beradaptasi […]

Hidayatullah DepokPerkembangan era globalisasi yang semakin pesat membuat sistem pendidikan pun harus bisa mengikuti kemajuan teknologi. Hal tersebut dilakukan agar para peserta didik bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman di segala bidang.

Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Hidayatullah Islamic Boarding School, Ustadz Abdul Rohim, mengatakan penyesuaian tersebut dilakukan supaya anak tidak kaget dan bisa beradaptasi dengan dunia modern.

Sistem pendidikan berasrama (boarding school) menjadi solusi efektif dalam pendampingan melejitkan potensi dan kompetensi peserta didik. Karena itu, kata Ustadz Rohim, pendidikan ala Pondok Pesantren Hidayatullah Depok ini akan terus dikuatkan dan dimaksimalkan peranannya.

“Sebelum globalisasi semakin berkembang, banyak sekolah-sekolah yang mengutamakan pendidikan agama seperti pondok pesantren. Tetapi setelah globalisasi masuk di Indonesia, pondok yang secara intensif mengajarkan ilmu-ilmu keagaman dengan tingkat tertentu ini mengubah sistemnya,” kata Ustadz Rohim.

Beliau melanjutkan, dengan nama boarding school, pendidikan yang memadukan sekolah umum dan pesantren ini merupakan salah satu solusi dalam mengatasi tantangan perkembangan zaman dengan tujuan untuk melaksanakan pendidikan yang lebih komprehensif dan holistik. Baik secara akademik maupun non akademik secara umum tetapi juga tidak melupakan ilmu agama.

Dengan memberikan pengetahuan-pengetahuan pada anak yang bersifat umum serta keagamaan, dapat memperbaiki akhlaknya, baik di lingkungan keluarga dan sekitarnya.

“Boarding school yang bersisteHidayatullah Depok2m asrama ini mengembangkan dunia pendidikan secara modern, antara agama dengan pendidikan umum secara seimbang,” ujarnya.

Beliau menambahkan, pembentukan mental spiritualnya pun sudah lebih kuat dibandingkan dengan anak yang tidak bersekolah di boarding school. Karena itu ketahanan hidupnya lebih siap dan mandiri menghadapi era globalisasi ini.

Perkembangan lingkungan sosial yang begitu pesat, menurut Ustadz Rohim, memang membawa pengaruh besar bagi pembentukan pribadi seorang anak. Boarding school, memberikan alternatif pendidikan bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya.

“Banyak orang tua yang khawatir karena anaknya hidup di lingkungan sosial yang sudah berbeda zaman. Biasanya, keluhan yang terjadi pada orang tua karena kesibukan yang tidak bisa menemani dan melihat perkembangan anak secara langsung,” kata guru bahasa Inggris dan pengajar tetap kajian Tafsir Al Qur’an Bilingual setiap pagi.

Ustadz Rohim menyarankan bagi para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di boarding school, karena dengan pantauan guru secara intensif bisa menjaganya dari pergaulan yang menyimpang.

“Selain itu, pendidikan umum dan agama tetap dijalani dengan baik,” tutupnya. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply