Gelar Orientasi Wali Murid untuk Kemantapan Pendidikan di Hidayatullah Depok

 0
Gelar Orientasi Wali Murid untuk Kemantapan Pendidikan di Hidayatullah Depokby Yacong B Halikeon.Gelar Orientasi Wali Murid untuk Kemantapan Pendidikan di Hidayatullah DepokSETELAH menjalani liburan, para santri di lingkungan pendidikan Islam Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Kota Depok, Jawa Barat, kembali menjalani rutinitas kependidikan. Kegiatan pendidikan kembali terselenggara mulai dari tingkat PAUD hingga SMA. Adapun perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah (STIEHID) masih menjalani liburan hingga Agustus mendatang. Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Ust Lalu Mabrul, […]

IMG-20160717-WA070 IMG-20160717-WA065 IMG-20160717-WA068SETELAH menjalani liburan, para santri di lingkungan pendidikan Islam Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Kota Depok, Jawa Barat, kembali menjalani rutinitas kependidikan.

Kegiatan pendidikan kembali terselenggara mulai dari tingkat PAUD hingga SMA. Adapun perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah (STIEHID) masih menjalani liburan hingga Agustus mendatang.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Ust Lalu Mabrul, dalam keterangannya belum lama ini menjelaskan bahwa peranan penting orangtua murid dalam proses pendidikan sangatlah diperlukan sebab mereka adalah partner guru dalam mendidik anak-anak.

Bahkan, tegas Ustadz Lalu, orangtualah sebenarnya yang memiliki peran utama dalam pendidikan. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, atau orangtua kedua di lingkungan sekolah atau pesantren.

“Sayangnya, masih banyak orangtua belum memahami organisme kependidikan semacam ini. Kita berharap agar antar wali murid dan guru, ustadz, atau pengasuh selalu terbangun satu sinergi yang intens guna terselenggaranya proses pendidikan yang berupaya mengembangkan kecerdasan multi aspek setiap peseta didik. Beginilah pendidikan integral tersebut,” ujar beliau.

Karena itu, lanjut Ustadz Mabrul, sangatlah penting sekali sekolah menyelenggarakan pertemuan bersama orangtua wali murid di setiap awal tahun ajaran bahkan jika bisa tetap digelar secara reguler tidak saja pada awal tahun ajaran baru.

Selain itu dengan adanya acara semacam ini maka sinergi peyelenggaraan pendidikan akan semakin baik dengan terus meningkatkan diri pada aspek mutu dan output.

Pertemuan ini dianggap penting diantaranya untuk membuat kesepahaman dalam mendidik anak-anak juga mensosialisasikan kegiatan-kegiatan sekolah yang akan diselenggarakan sekolah.

Dengan demikian diharapkan orangtua lebih memahami dan mengetahui semua program sekolah. Orang tua juga bisa meminta informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dari segi manfaatnya bagi pendidikan anak-anak.

Dalam acara orientasi tersebut tampak para murid dan walinya bersemangat. Tidak sedikit diantaranya langsung akrab meskipun belum saling kenal sebelumnya.

Umumnya mereka adalah calon murid SMP dan SMA yang tidak pernah merasakan pengalaman pendidikan boarding atau berasrama. Sehingga dengan masuknya mereka ke kampus pendidikan Hidayatullah Depok, ini menjadi titik baru dalam pengembaraan intelektual mereka guna menjadi manusia yang bermanfaat untuk agama, umat, dan bangsa, Aamiin.

Semoga Allah Ta’ala memberikan keberkahan dan kemuliaan buat anak-anak kita dan juga kepada keluarga yang mereka tingglkan di rumah semata-mata dalam rangka untuk menuntut ilmu di jalan-Nya, Aamiin.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply