PAUD-TK Hidayatullah Depok Komitmen Terdepan dalam Pendidikan Anak

 0
PAUD-TK Hidayatullah Depok Komitmen Terdepan dalam Pendidikan Anakby Yacong B Halikeon.PAUD-TK Hidayatullah Depok Komitmen Terdepan dalam Pendidikan AnakPROGRAM Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kelas Bermain Taman Kanak Kanak (KB-TK)  yang dikelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah KOta Depok, Jawa Barat, berkomitmen menjadi terdepan dalam kegiatan kependidikan dan kepengasuhan yang berlandaskan pada pembangunan karakter anak. Hal itu disampaikan Kepala Sekolah PAUD-TK Yaa Bunayya Hidayatullah Depok, Ruspayanti, S.Pd.I, saat menyampaikan sosialisasi dalam acara orientasi […]

IMG_20160730_092223_panorama IMG_20160730_093335 IMG_20160730_093708PROGRAM Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kelas Bermain Taman Kanak Kanak (KB-TK)  yang dikelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah KOta Depok, Jawa Barat, berkomitmen menjadi terdepan dalam kegiatan kependidikan dan kepengasuhan yang berlandaskan pada pembangunan karakter anak.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah PAUD-TK Yaa Bunayya Hidayatullah Depok, Ruspayanti, S.Pd.I, saat menyampaikan sosialisasi dalam acara orientasi wali murid di Gedung Aula SD Integral Hidayatullah Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/07/2016).

“Dengan visi tak sekedar pintar tapi juga mencerdaskan jiwa, kita ingin menjadi lebih baik dan terdepan dalam kependidikan dan kepengasuhan anak usia dini,” katanya.

Ruspayanti menjelaskan, sistem pendidikan yang tepat pada anak usia pra sekolah sangatlah mempengaruhi perkembangan kepribadian hingga dewasa kelak.

Ditegaskan dia bahwa setiap anak adalah individu yang unik. Setiap anak memiliki kebutuhan akan minat, tahap perkembangan, dan gaya belajar yang berbeda. Mereka berhak untuk mengembangkan potensinya tanpa membedakan jenis kelamin, kondisi fisik, latar belakang budaya dan sebagainya.

“Nilai spiritual, cinta, kasih sayang, hormat, kesetaraan adalah nilai-nilai esensial bagi perkembangannya. Ini beberapa aspek yang sangat penting diperhatikan para pendidik di PAUD-TK Yaa Bunayya Hidayatullah Depok,” imbuh dia.

Karean spesialnya setiap anak, Ruspayanti mengingatkan anak hendaknya dipandang sebagai individu yang utuh dan memiliki potensi yang baik. Maka dari itu, kata dia, PAUD-KB-TK Yaa Bunayya sangat memperhatikan seluruh potensi yang ada seperti potensi spiritual, potensi social, kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni sebagai hal yang sama pentingnya untuk dikembangkan.

PAUD-KB-TKA Yaa Bunayya Hidayatullah Kota Depok memiliki misi menyelenggarakan pendidikan yang integral sehingga melahirkan generasi yang siap memikul amanah Allah, cerdas, kreatif, mandiri dan berwawasan global. Berdakwah melalui pendidikan, dan mengutamakan kasih sayang dan keteladanan dalam proses pendidikan.

Misi selanjutnya, tambah dia, menciptakan lingkungan pendidkan anak yang islamiah, ilmiah dan alamiah. Serta meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan menjadi manusia yang berkarakter integral.

Lebih jauh Ruspayanti mengemukakan bahwa PAUD-KB-TKA Yaa Bunayya Hidayatullah Kota Depok memiliki target output yang beraqidah kuat, cerdas emosi, berakhlaq mulia, berwawasan ilmu, sehat fisik dan terampil, berkebiasaan yang baik, dan memiliki kepedulian sosial.

Untuk menunjang visi, misi, dan target-targetnya tersebut, PAUD-KB-TKA Yaa Bunayya Hidayatullah Kota Depok memiliki sejumlah penunjang pelaksanaan kurikulum dan membuka wawasan anak agar lebih luas kami juga menyelenggarakan program-program.

Diantara penunjang tersebut adalah belajar membaca Al Qur’an secara klasikal dan individual, rihlah/tadabur alam, ketersediaan perpustakaan, pengenalan profesi, bakti sosial, praktek wudlu dan sholat, ekstra kurikuler, peringatan hari besar islam, dan kegiatan pentas seni.

PAUD-KB-TKA Yaa Bunayya Hidayatullah Kota Depok juga menyelenggarakan sejumlah sentra yaitu Sentra Persiapan (merangsang kemampuan sistematisasi, klasifikasi), Sentra Balok (melatih sistematika berfikir), Sentra Seni (merangsang motorik halus dan kasar dan estetika), Sentra Main Peran Besar dan Main Peran Kecil (kemampuan berfikir obyektif), dan Sentra Bahan Alam (mendukung tahap perkembangan sensorimotor).

“Semoga Allah Ta’ala memberikan pertolongannya kepada kami dalam menjalankan amanah ini dan tentu berharap kerjasama yang baik dengan bapak dan ibu sekalian,” kata Bunda Ruspayanti menutup pemaparannya. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply