Kampus Hidayatullah Depok Tuan Rumah Manasik Haji TK-TPA se-Cilodong dan Cibinong Raya Tahun 2016

 0
Kampus Hidayatullah Depok Tuan Rumah Manasik Haji TK-TPA se-Cilodong dan Cibinong Raya Tahun 2016by Yacong B Halikeon.Kampus Hidayatullah Depok Tuan Rumah Manasik Haji TK-TPA se-Cilodong dan Cibinong Raya Tahun 2016Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, pada tahun 2016 ini kembali menjadi tuan rumah acara kegiatan edukatif manasik haji yang dikuti oleh puluhan Taman Kanak Taman Pendidikan Anak (TK-TPA) se-Cilodong dan Cibinong Raya. Manasik Haji Pendidikan Integral diselenggarakan oleh TK YAA Bunayya Hidayatullah Depok ini mengusung tema “Meneladani Ibadah para Nabi Sebagai Wujud […]

kampus-hidayatullah-depok-tuan-rumah-manasik-haji-tk-tpa-se-cilodong-dan-cibinong-raya-tahun-20163 kampus-hidayatullah-depok-tuan-rumah-manasik-haji-tk-tpa-se-cilodong-dan-cibinong-raya-tahun-20162 kampus-hidayatullah-depok-tuan-rumah-manasik-haji-tk-tpa-se-cilodong-dan-cibinong-raya-tahun-2016Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, pada tahun 2016 ini kembali menjadi tuan rumah acara kegiatan edukatif manasik haji yang dikuti oleh puluhan Taman Kanak Taman Pendidikan Anak (TK-TPA) se-Cilodong dan Cibinong Raya.

Manasik Haji Pendidikan Integral diselenggarakan oleh TK YAA Bunayya Hidayatullah Depok ini mengusung tema “Meneladani Ibadah para Nabi Sebagai Wujud Kecintaan Kepada Allah”.

Acara ini berlangsung di halaman masjid Ummul Quro Pesantren Hidayatullah dan di sejumlah kawasan di pesantren seluas 2 hektare lebih ini.

Turut hadir memberikan sambutan pada kesempatan tersebut Ustadzah Ruspayanti yang didampingi Neneng Aisyah selaku Penanggungjawab acara berserta jajaranya.

Ratusan murid Taman Kanak-kanak (TK) ini mengikuti latihan Manasik Haji sebagai bagian dari memperkenalkan pelajaran Ibadah Haji.

Mereka mengikuti latihan Manasik Haji, sebagai bagian untuk belajar dan sekaligus memperkenalkan Ibadah Haji dengan segala kelengkapan tahapan-tahapannya.

Mulai dari pembagian kelompok terbang (kloter) karena Ibadah Haji memang tidak hanya dijalankan umat muslim di Indonesia saja, tetapi juga diikuti ribuan umat muslim lainnya dari berbagai negara lain di dunia. Kloter-kloter itu kemudian ditandai dengan bendera dari masing-masing negara.

Tidak hanya melengkapi diri dengan mengenakan pakaian Ihram, peserta latihan Manasik Haji yang digelar di kompleks Pesantren Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, ini juga diajak mengenal tahapan-tahapan pelaksanaan Ibadah Haji.

“Memang sengaja kegiatan ini digelar bertepatan dengan momentum hari Raya Qurban untuk memahamkan kepada anak-anak agar memahami makna haji dan hari raya Qurban sedari dini,” kata Ruspayanti.

Ruspayani menerangkan, selain selain bertemu dengan sahabat-sahabat dan suasana baru pembelajaran outdoor, anak-anak juga diperkenalkan dengan tahapan-tahapan dalam Ibadah Haji. Mulai dari Sa’i (lari kecil), Tawaf (mengelilingi Ka’bah), melempar Jumrah (melempar batu), membayar Dam (memotong hewan kurban) hingga memotong rambut bagi laki-laki dilakukan bocah-bocah tersebut. Bahkan mereka juga diperkenalkan dengan Kloter. (ybh/hio)

 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply