Hidayatullah Depok Kembali Gelar Muharram Education Fair 1438

 0
Hidayatullah Depok Kembali Gelar Muharram Education Fair 1438by Yacong B Halikeon.Hidayatullah Depok Kembali Gelar Muharram Education Fair 1438Insya Allah jika tak ada aral yang melintang, Yayasan Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, akan kembali menggelar helatan Muharram Education Fair pada tahun 1438 hijriyah ini. Muharram Education Fair (MEF) merupakan gelaran tahunan yang diinisiasi oleh Yayasan Pesantren Hidayatullah Depok dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam. Selain itu, momentum hijrah diperingati sebagai sebuah aktivitas yang […]

hidayatullah-depok-kembali-gelar-muharram-education-fair-1438Insya Allah jika tak ada aral yang melintang, Yayasan Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, akan kembali menggelar helatan Muharram Education Fair pada tahun 1438 hijriyah ini.

Muharram Education Fair (MEF) merupakan gelaran tahunan yang diinisiasi oleh Yayasan Pesantren Hidayatullah Depok dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam.

Selain itu, momentum hijrah diperingati sebagai sebuah aktivitas yang menghasilkan perubahan dari sebuah keadaan awal menuju kepada sebuah keadaan akhir yang lebih baik. Bidang pendidikan merupakan bidang yang paling berperan dalam perubahan itu.

Yayasan Pesantren Hidayatullah Depok sebagai sebuah lembaga yang memiliki main stream pendidikan dan dakwah senantiasa menjadikan momen hijrah sebagai show window bagi masyarakat terhadap apresiasi di bidang pendidikan dan dakwah.

Muharram Education Fair adalah kegiatan yang dipilih untuk mewadahi apresiasi di bidang pendidikan dan dakwah, seiring dengan peringatan tahun baru Islam 1438 H, yang menghimpun seluruh elemen pendidikan dasar dan menengah di kota Depok.

Adapun apresiasi terhadap kualitas pendidikan dilakukan dalam bentuk Seminar, Open House, Lomba Futsal, Outbond, dan Pelatihan. Pada tahun 2016 Pendidikan Integral Hidayatullah Depok menyelenggarakan Muharram Education Fair IV, setelah tahun-tahun sebelumnya sukses menyelenggarakan Muharram Education Fair I, II, dan III.

Diapresiasi

MEF tahun ini adalah yang keempat. MEF telah diapresiasi oleh banyak tak terkecuali oleh Pemerintah Kota Depok.

Walikota Depok saat ini, KH Idris Abdul Somad, saat membuka MEF tahun lalu mengatakan Pemerintah Kota Depok mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Muharram Education Fair sejak 2013 lalu.

“Saya atas nama pribadi dan atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan Muharram Education Fair ini,” kata Idris saat membuka acara yang digelar intensif selama 2 hari ini di Komplek Pesantren Hidayatullah Depok, Ahad (17/10/2015).

Idris mengatakan, selain sebagai media pembelajaran dan membangun kompetensi siswa/siswi, MEF juga merupakan wahana pendidikan bagi anak anak kita lewat beragam hobi, seni, dan hal hal yang memang disukai anak anak.

Diketahui, dalam ajang MEF yang digelar dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam Hijriyah ini digelar berbagai cabang perlombaan untuk segala tingkatan baik SD, SMP, maupun SMA atau sederajat.

Ragam pertandingan diantaranya lomba cerdas cermat, lomba tahfidzul Qur’an, lomba pidato bilingual Arab dan Inggris, futsal, nasyid, dan sebagainya. Juga ada kegiatan pameran pendidikan berupa stand-stand dan sejumlah kegiatan outdoor yang menghibur untuk siswa dan wali siswa.

Pada kesempatan tersebut Idris juga menyampaikan sejumlah prestasi yang telah berhasil diraih oleh Kota Depok khususnya di bidang pendidikan.

Namun demikian, ia juga mengakui masih terdapat banyak kekurangan yang mesti dituntaskan seperti upaya peningkatan kualitas pendidikan dari sisi sarana dan prasarana.

Idris mengemukakan tantangan yang cukup berat dihadapi lembaga pendidikan khususnya di Kota Depok adalah pengawasan dan kontrol sosial, terutama dalam mengantisipasi merebaknya peredaran narkoba.

“Anak anak sekolah di Depok ini khusunya tingkat SLTA atau SMA tatangannya semakin berat lagi karena adanya data tingkat penggunaan narkoba yang pada tahun 2013 hanya sekitar 260 kasus, tahun 2014 meningkat menjadi 300 kasus. Ini merupakan tantangan bagi kita sebagai sebuah kota kecil di tengah-tengah kota metropolitan lainnya,” kata Wakil Walikota.

Dengan luas 200,29 kilo meter persegi, Depok sejatinya adalah kota kecil. Namun, kata Idris, tingkat pertumbuhan penduduk kota ini terus meningkat. Bahkan data terakhir yang hanya 3,4 persen pertahun, sekarang sudah 4,2 persen pertahun pertambahan tingkat penduduknya.

“Nah, ini juga merupakan tantangan bagi Depok ke depan bahwa kita harus memberdayakan kekuatan sumber daya manusia (SDM),” kata Idris.

Dia menambahkan lebih dari 1.700.000 total penduduk kota Depok mayoritas adalah usia produktif antara 14 hingga 59 tahun. Bahkan, sebutnya, 70 persen dari mereka adalah anak anak muda.

“Kegiatan Muharram Education Fair ini semoga dapat menjadi wahana pembelajaran untuk lahirnya sumber daya manusia yang kuat dan berdaya,” pungkasnya.

Muharram Education Fair merupakan ajang tahunan yang digagas pertama kali oleh Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat. Tahun ini merupakan kali ketiga kegiatan ini digelar sejak dihelat tahun 2013 lalu yang kala itu dibuka oleh Walikota Depok, Nurmahmudi Ismail.

Pantauan di lokasi‎ acara, tampak beberapa titik stand yang memajang profile pendidikan khususnya institusi yang ada di lingkungan Pesantren Hidayatullah Depok. Selain itu juga ramai lapak-lapak kuliner yang umumnya diniagakan oleh wali siswa dan sebagainya. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply