Pakar Parenting Ustadz Zainuddin Musaddad Pembicara Seminar Muharram Education Fair 1438

 0
Pakar Parenting Ustadz Zainuddin Musaddad Pembicara Seminar Muharram Education Fair 1438by Yacong B Halikeon.Pakar Parenting Ustadz Zainuddin Musaddad Pembicara Seminar Muharram Education Fair 1438AJANG Muharram Education Fair (MEF) tahun 1438 Hijriyah/ 2016 masehi yang berlangsung di di Kompleks Pesantren Hidayatullah, Kota Depok, Jawa Barat, berjalan dengan penuh semarak. Selain menggelar beberapa aneka kegiatan edukasi dan lomba yang diikuti oleh peserta dari berabagai sekolah di Kota Depok, peserta juga menghadirkan praktisi parenting Ustadz Zainuddin Musaddad atau biasa disapa dengan […]

img_20161030_112750AJANG Muharram Education Fair (MEF) tahun 1438 Hijriyah/ 2016 masehi yang berlangsung di di Kompleks Pesantren Hidayatullah, Kota Depok, Jawa Barat, berjalan dengan penuh semarak.

Selain menggelar beberapa aneka kegiatan edukasi dan lomba yang diikuti oleh peserta dari berabagai sekolah di Kota Depok, peserta juga menghadirkan praktisi parenting Ustadz Zainuddin Musaddad atau biasa disapa dengan Abah Zain.

Abah Zain adalah seorang praktisi parenting Islam dan dikenal memiliki enam orang anak yang jadi hafiz Al-Quran.

Pada kesempatan materi yang disampaikannya pada hari Ahad, 28 Muharram (30/10/2016) di Aula SD Integral Hidayatullah Depok, Abah Zain banyak memberi tips kepada para peserta yang terdiri dari wali murid, guru, orangtua, dan ibu rumah tangga.

Beliau menekankan pentingnya peran orangtua dalam membina anak-anak guna mengantar mereka menjadi generasi yang shaleh, berbudi pekerti, cinta pada negeri, penuh bakti untuk agama dan umat.

Beliau menjelaskan, faktor utama keberhasilan hidup seseorang termasuk setiap anak dalam mengarungi kehidupannya adalah komunikasi yang baik. Dengannya orang itu bisa menjalin hubungan dengan siapa saja tanpa perlu menimbulkan masalah.

“Tidak sedikit buyarnya hubungan rumah tangga bermula dari komunikasi yang buruk di antara mereka,” kata Abah Zain dalam seminar parenting bertajuk “Mendidik Keluarga Cinta Al Qur’an” itu.

Beliau menukaskan, komunikasi yang sehat dan produktif itu tidak hanya sebatas bertukar sapa dan saling bertanya kabar dalam sebuah keluarga. Sebab komunikasi itu juga bisa berfungsi untuk menguatkan jiwa-jiwa yang ada dalam keluarga tersebut.

Maka tak heran, lanjut dia, banyak ulama-ulama besar dan tokoh pemimpin yang lahir dari pola didikan komunikasi yang produktif dalam rumah. Uniknya, terkadang para juru dakwah pun tak luput dari kelalaian itu sendiri.

Menurut Zainuddin, hal itu biasa disebabkan oleh kesibukan dakwah dan mengajar yang begitu tinggi. Hingga akhirnya lupa atau lalai dengan diri dan keluarga sendiri.

“Ini sangat fatal, jika itu betul-betul terjadi,” tegas ustadz yang dikenal suka main badminton bersama menantunya tersebut.

Zain mengatakan, jangan sampai ada yang berdalih gara-gara sibuk mengajar atau berdakwah hingga anak sendiri tak pernah disapa atau buta terhadap perkembangan anak-anaknya.

Masih menurut Zainuddin, sebenarnya faktor inilah yang hilang di tengah keluarga Muslim saat sekarang. Komunikasi dalam keluarga berjalan apa adanya. Tanpa pernah ada rekayasa komunikasi yang didesain sebagai bentuk pembelajaran terhadap anak-anak.

Dalam kesempatan tersebut, Zainuddin memaparkan panjang lebar dampak dari buruknya sebuah komunikasi dalam keluarga Muslim. Selain bisa menjadikan hubungan renggang, hal itu juga menyebabkan anak-anak kehilangan figur yang bisa diteladani oleh mereka.

Akibatnya, alih-alih berbagi masalah dan persoalan kepada orangtuanya, anak-anak tersebut seringkali lebih memilih melampiaskan masalahnya kepada apa yang ia senangi. Tanpa peduli lagi baik atau buruk perbuatan tersebut.

“Lihatlah anak-anak pecandu narkoba tersebut. Sebenarnya semua itu hanyalah pelampiasan sesaat atas buruknya komunikasi dalam kelurga sebelumnya,” papar Zainuddin.

Acara ini ditutup dengan tanya jawab dan pembagian doorprize yang dibagikan kepada peserta yang datang tepat waktu, peserta yang bertanya, dan berfoto bersama panitia. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply