Kuatkan Sinergi Pendidikan, Hidayatullah Depok Gelar Silaturrahim dengan Wali Murid

 0
Kuatkan Sinergi Pendidikan, Hidayatullah Depok Gelar Silaturrahim dengan Wali Muridby Yacong B Halikeon.Kuatkan Sinergi Pendidikan, Hidayatullah Depok Gelar Silaturrahim dengan Wali MuridDALAM rangka menguatkan sinergi dan penguatan proses pendidikan bagi santri, Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah menggelar silaturrahim dengan wali murid SMP dan SMA Hidayatullah Depok, Ahad (08/01/2017). Acara yang berlangsung di Masjid Ummul Quro’ Pesantren Hidayatullah Depok digelar dalam forum kajian dilaksanakan atas kerjasama antara Departemen Pendidikan dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hidayatullah Depok. Sinergi […]

kuatkan-sinergi-pendidikan-hidayatullah-depok-gelar-silaturrahim-dengan-wali-murid6 kuatkan-sinergi-pendidikan-hidayatullah-depok-gelar-silaturrahim-dengan-wali-murid5 kuatkan-sinergi-pendidikan-hidayatullah-depok-gelar-silaturrahim-dengan-wali-murid4 kuatkan-sinergi-pendidikan-hidayatullah-depok-gelar-silaturrahim-dengan-wali-murid3 kuatkan-sinergi-pendidikan-hidayatullah-depok-gelar-silaturrahim-dengan-wali-murid2 kuatkan-sinergi-pendidikan-hidayatullah-depok-gelar-silaturrahim-dengan-wali-muridDALAM rangka menguatkan sinergi dan penguatan proses pendidikan bagi santri, Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah menggelar silaturrahim dengan wali murid SMP dan SMA Hidayatullah Depok, Ahad (08/01/2017).

Acara yang berlangsung di Masjid Ummul Quro’ Pesantren Hidayatullah Depok digelar dalam forum kajian dilaksanakan atas kerjasama antara Departemen Pendidikan dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hidayatullah Depok.

Sinergi tri elemen yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat, merupakan hal utama dalam mencapai sukses tujuan pendidikan. Menyadari hal tersebut, Pesantren Hidayatullah Depok terus menguatkan peranan ketiganya dengan membangun tradisi interaksi silaturrahim.

Kami menyadari bahwa peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tidak akan berarti banyak manakala tidak diiringi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat. Untuk itu, kesamaan tujuan, program pembentukan anak, dan lain-lain harus saling mendukung dan melengkapi antara ketiganya sehingga bisa selaras, sejalan, dan bersinergi.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terjadi sinergi antara ketiganya adalah secara intens dilakukan komunikasi dan saling pengertian. Dengan terjalinnya hubungan kemitraan sejajar antara guru (sekolah) dan orang tua akan melahirkan kesamaan visi.

Guru dan orang tua santri adalah mitra yang bersama-sama berusaha membantu para santri untuk berkembang ke arah tujuan yang diharapkan, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah sehingga masing-masing bisa saling bertukar pikiran dan mengkritisi setiap proses yang dilakukan pada anak tanpa merasa canggung atau malu.

Selain itu, adanya keterbukaan dan ketersambungan program antara program sekolah dan program di rumah juga akan mendukung kemantapan proses pendidikan sehingga demikian keterbukaan sangat diperlukan. Keterbukaan yang diiringi dengan niat baik untuk menerima seandainya ada kritik yang sampai baik itu pada guru maupun pada orang tua.

Setiap pola pendidikan anak di rumah sebaiknya tersampaikan ke sekolah dan sebaliknya juga begitu program sekolah harus terealisasikan kepada orang tua santri.

Sebab, bagaimanapun, lembaga keluarga memiliki peran yang sangat penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga sudah seyogianyalah memiliki program-program yang terencana.

Adanya komunikasi antara orang tua dan sekolah dalam pelaksanaan proses pendidikan baik itu di rumah maupun di sekolah yang dilakukan minimal sebulan sekali sebagai langkah evaluasi program di sekolah dan di rumah.

Insya Allah, dengan bersama-sama orang tua dan sekolah melakukan kontrol sosial terhadap masyarakat, akan membuat dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi perkembangan anak-anak didik kita. Selaras dengan itu juga diharapkan adanya kontrol kolektif dari unsur-unsur tersebut dan kritik terhadap berbagai media yang menayangkan hal-hal yang tidak sehat bagi peserta didik.

Karena itu lembaga sekolah Pendidikan Hidayatullah Depok berkomitmen bersama dengan orang tua serta masyarakat menciptakan lingkungan yang membangun motivasi santri untuk terus berkarya dengan mendukung setiap kegiatan positif mereka atau mengadakan lomba-lomba yang merangsang kreativitasnya.

AKhir kata, terbangunnya satu kerja sama yang baik antara semua komponen ini insya ALlah akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas yang pada akhirnya manusia-manusia Indonesia yang akan lahir berikutnya adalah generasi-genarasi yang tangguh yang mampu membawa perubahan dan bahkan memimpin perubahan dunia ke arah yang lebih baik. Semoga. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply