Masa Muda Adalah Momentum yang Menentukan Masa Depan Generasi Bangsa

 0
Masa Muda Adalah Momentum yang Menentukan Masa Depan Generasi Bangsaby Yacong B Halikeon.Masa Muda Adalah Momentum yang Menentukan Masa Depan Generasi BangsaMASA MUDA merupakan masa dimana manusia beranjak dewasa. Masa ini biasa di sebut dengan Remaja. Pengeritan remaja sendiri adalah tahap umur yang datang setelah masa kanak-kanak berakhir, ditandai oleh pertumbuhan fisik cepat. Masa remaja adalah sebagai periode peralihan, yaitu peralihan dari masa kanak-kanak ke peralihan masa dewasa. Umumnya orang memahami definisi masa muda ini sebagai […]

Masa Muda Adalah Momentum yang Menentukan Masa Depan Generasi BangsaMASA MUDA merupakan masa dimana manusia beranjak dewasa. Masa ini biasa di sebut dengan Remaja. Pengeritan remaja sendiri adalah tahap umur yang datang setelah masa kanak-kanak berakhir, ditandai oleh pertumbuhan fisik cepat.

Masa remaja adalah sebagai periode peralihan, yaitu peralihan dari masa kanak-kanak ke peralihan masa dewasa.

Umumnya orang memahami definisi masa muda ini sebagai siklus yang kumulatif diantaranya berupa pandangan bahwa masa remaja sebagai periode perubahan, masa remaja sebagai usia bermasalah, masa remaja sebagai masa mencari identitas. Bahkan masa remaja dianggap sebagai usia yang menimbulkan ketakutan, karena masalah penyesuaian diri dengan situasi dirinya yang baru, karena setiap perubahan membutuhkan penyesuaian diri.

Namun satu hal yang pasti bahwa masa remaja sebagai ambang masa dewasa dimana diantara ciri-cirinya terutama menyangkut aspek kejiwaan remaja, tidak stabil, keadaan emosinya goncang, mudah condong kepada ekstrim, sering terdorong, bersemangat, peka, mudah tersinggung, dan perhatiannya terpusat pada dirinya.

Dan, satu yang sangat penting pada kehidupan remaja adalah penentuan masa depan. Remaja menentukan jalan yang di ambilnya pada waktu tersebut. Remaja dijadikan sebagai titik puncak penentuan masa depan.

Lalu pertanyaannya, mengapa Masa Muda di jadikan sebagai titik puncak penentuan masa depan? Sebab, pada masa muda inilah ternyata episentrum kesuksesan masa depan itu terbingkai, mengoleksi, lalu kemudian terbentuk menjadi satu konstruksi akan harapan.

Ia dapat terwujud jika diyakini dan kemudian merekatualisasi nilai-nilai kehidupan yang penuh usaha dan kerja keras. Inilah value yang terus berupaya ditanamkan kepada segenap santri di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat.

Santri sebagai peserta didik diarahkan dan dibimbing serta didampingi menjadi generasi yang shaleh dan berintegritas. Tentu saja tidak mudah. Namun dengan adanya keikhlasan dan keteguhan hati, amanat kependidikan ini menjadi lebih ringan. Apalagi jika ditopang dengan kesepahaman visi antara pendidik, peserta didik, dan orangtua.

Komitmen itu pulalah yang kemudian melahirkan beragam peraturan dan rangkaian aktifitas 24 jam bagi santri. Setalah seharian menghabiskan waktu untuk kegiatan menuntut ilmu di lingkungan sekolah, sore hari seperti saat ini para santri menutup hari mereka usai shalat Ashar dengan menyetorkan hafalan kepada pembimbing.

Bakda Maghrib dilanjut dengan Halaqah Diniyah lalu santap malam lepas Isya’, selanjutnya belajar sejenak, kegiatan mandiri dan tidur malam. Semoga berkah dan kelak mereka menjadi generasi bangsa yang shaleh dan kompetitif. Aamiiin. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply