Murid SMP Hidayatullah Depok Borong Juara I dan Juara Umum Lomba Pidato Bahas Revolusi Mental

 0
Murid SMP Hidayatullah Depok Borong Juara I dan Juara Umum Lomba Pidato Bahas Revolusi Mentalby Yacong B Halikeon.Murid SMP Hidayatullah Depok Borong Juara I dan Juara Umum Lomba Pidato Bahas Revolusi MentalMurid SMP Integral Hidayatullah Depok berhasil meraih Juara I dan juga Juara Umum dalam Lomba Pidato membahas tema Revolusi Mental yang digelar di Balaikota Depok, Sabtu (08/04/2017). Dialah Irfanullah Suharsono. Remaja murah senyum berkacamata ini berhak membawa 2 buah piala dan sejumlah uang tunai. Murid Kelas IX SMP Integral Hidayatullah Depok ini bahkan mampu melampaui kualitas […]

Murid SMP Integral Hidayatullah Depok berhasil meraih Juara I dan juga Juara Umum dalam Lomba Pidato membahas tema Revolusi Mental yang digelar di Balaikota Depok, Sabtu (08/04/2017).

Dialah Irfanullah Suharsono. Remaja murah senyum berkacamata ini berhak membawa 2 buah piala dan sejumlah uang tunai. Murid Kelas IX SMP Integral Hidayatullah Depok ini bahkan mampu melampaui kualitas peserta lainnya yang diantaranya terdapat murid-murid SMA dan sederajat.

Lomba Pidato yang digelar Pemerintah Kota Depok yang bekerjasama dengan Wirawati Catur Panca (Wanita Pejuang 45) ini mengusung “Depok Sebagai Kota Penyangga Kota Jakarta, Sudah Mampukah Menjadi Pelopor Revolusi Mental”.

Kepala Sekolah SMP Integral Hidayatullah Depok, Abdurrahman Hakim, M.Pd.I, memberi apresiasi tinggi kepada salah satu muridnya yang sukses mendulang prestasi tersebut. Ia berharap capaian tersebut dapat terus dirawat dan terus ditingkatkan.

Lebih jauh ia menerangkan SMP Integral Hidayatullah Depok sebagai institusi pendidikan berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu dan kualitasnya sebagai penyelenggara pendidikan terdepan dan unggul.

Seperti diketahui, kata revolusi mental adalah jargon atau program pemerintahan Presiden Jokowi yang tertuang dalam Nawa Cita poin ke-8. Nawa Cita adalah istilah umum yang diserap dari bahasa Sanskerta, nawa (sembilan) dan cita (harapan, agenda, keinginan).
Revolusi Mental dalam dunia pendidikan dipandang perlu dijalankan secara total dengan adanya pendidikan formal melalui sekolah dapat menjadi lokus untuk memulai revolusi mental ini. Pendidikan diarahkan pada pembentukan etos warga negara. Proses pedagogik membuat etos warga negara ini tumbuh atau dapat menjadi tindakan sehari-hari.

Cara mendidik perlu diarahkan dari pengetahuan diskursif ke pengetahuan praktis yang artinya, membentuk etos bukanlah pembicaraan teori-teori etika yang abstrak, tetapi bagaimana membuat teori-teori tersebut mempengaruhi tindakan sehari-hari.

Pendidikan diarahkan menuju transformasi di tataran kebiasaan (habit). Pendidikan mengajarkan keutamaan yang merupakan pengetahuan praktis. Revolusi mental membuat kejujuran dan keutamaan yang lain menjadi suatu disposisi batin ketika siswa berhadapan dengan situasi konkret. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply