PD Mushida dan Ponpes Hidayatullah Bersama Atase Saudi Gelar Buka Bersama

 0
PD Mushida dan Ponpes Hidayatullah Bersama Atase Saudi Gelar Buka Bersamaby Yacong B Halikeon.PD Mushida dan Ponpes Hidayatullah Bersama Atase Saudi Gelar Buka BersamaPENGURUS Daerah Muslimat Hidayatullah (PD Mushida) Kota Depok dan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok bekerjasama dengan Atase Kedutaan Saudi Arabia di Indonesia menggelar acara buka puasa bersama di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah, Senin (12/06/2017). Acara yang berlangsung di Gedung Aula SDI Hidayatullah Depok tersebut dihadiri warga dan santri serta hadirin undangan. Turut hadir pada kesempatan tersebut […]

PENGURUS Daerah Muslimat Hidayatullah (PD Mushida) Kota Depok dan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok bekerjasama dengan Atase Kedutaan Saudi Arabia di Indonesia menggelar acara buka puasa bersama di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah, Senin (12/06/2017).

Acara yang berlangsung di Gedung Aula SDI Hidayatullah Depok tersebut dihadiri warga dan santri serta hadirin undangan. Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan Hidayatullah Depok, Ust Lalu Mabrul, M.Pd.I sekaligus pengisi taushiah jelang berbuka.

Dalam taushiahnya, Ust Mabrul menekankan pentingnya maksimalisasi dan optimalisasi ibadah di bulan Ramadhan sebagai momentum mengasah diri untuk menjadi lebih baik guna menjadi manusia bertakwa.

Beliau menekankan bahwa bulan Ramadhan waktu yang tepat untuk menguatkan keimanan dan mengukuhkan keistiqamahan iman kepada Allah Rabbul Izzati.

Setiap manusia, kata beliau, pasti memiliki tujuan hidup. Karena dengan adanya tujuan tersebut manusia akan memiliki gairah dan arah yang jelas.

“Untuk mendapatkan tujuan yang jelas maka dibutuhkan petunjuk yang jelas agar kiranya manusia tetap berada pada jalan yang benar, lurus, serta sampai pada tujuan yang dicita-citakan. Tujuan utama manusia hakikatnya adalah menuju pada keridhaan Allah, ibadah kepada Rabb-Nya,” katanya.

Lebihg jauh beliau menerangkan, buah dari keimanan yang benar akan menghasilkan amal sholeh. Atau amal sholeh akan dapat dilahirkan dari keimanan yang benar. Sebagaimana buah akan dapat dinikmati dari pohon yang baik dan tidak mungkin adanya buah tanpa ada pohon sebagai sumber lahirnya buah.

Dijelasnkannya, Allah SWT memberi perumpamaan tentang keimanan yang kuat dan kokoh seperti sebuah pohon yang kokoh, dimana pohon yang baik itu akarnya menancap ke dasar bumi dan rantingnya menjulang ke langit.

Pohon itu menghasilkan buah pada setiap waktu dengan seizin Rabbnya. Begitupun sebaliknya, pohon yang buruk tidak akan dapat tetap tegak sedikitpun (QS. Ibrahim/14: 24-26).

Pesan kedua adalah istiqomah. Istiqomah menurut Ibnu Rajab adalah menempuh jalan yang lurus (benar) dengan tidak berpaling ke kiri maupun ke kanan.

“Istiqomah itu mencakup pelaksanaan semua bentuk ketaatan (kepada Allah) lahir dan batin, dan meninggalkan semua larangan-Nya,” imbuhnya.

Buah istiqamah adalah Allah akan memberikan limpahan karunianya. Allah juga akan mengaruniakan kepada orang yang senantiasa istiqamah dengan diberikan rasa ketenangan dan kenyamanan dan tidak akan khawatir akan masa depannya, di dunia maupun di akhirat.

“Istiqamah harus dimulai dari hati. Dan dibuktikan dalam perkataan dan juga perbuatan. Istiqmah tidak akan mungkin terwujud tanpa adanya ketetapan hati,” ingatnya.

Ust menambahkan, dengan terus munajatkan doa tersebut untuk memohon kepada Allah agar kita di bulan Ramadhan yang mulia ini, Allah memperkuat keimanan dan keistiqamahan kita untuk selalu taat terhadap perintahnya dan menjauhi larangan-Nya. Amiin. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply