Membangun Tradisi Halaqah untuk Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Al Quran

 0
Membangun Tradisi Halaqah untuk Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Al Quranby Yacong B Halikeon.Membangun Tradisi Halaqah untuk Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Al QuranSEPERTI biasa, pagi itu murid-murid SMP Al Qalam dan MA Pondok Pesantren Hidayatullah Depok melangkah serentak menuju ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat dhuha. Iya, setiap pagi kegiatan ini sudah menjadi rutinitas. Namun, tidak semata rutinitas, kegiatan semacam ini pun selalu diiringi dengan pendampingan berupa nasihat yang mengajak peserta didik memahami serta menginternalisasi nilai-nilai ibadah. […]

SEPERTI biasa, pagi itu murid-murid SMP Al Qalam dan MA Pondok Pesantren Hidayatullah Depok melangkah serentak menuju ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat dhuha.

Iya, setiap pagi kegiatan ini sudah menjadi rutinitas. Namun, tidak semata rutinitas, kegiatan semacam ini pun selalu diiringi dengan pendampingan berupa nasihat yang mengajak peserta didik memahami serta menginternalisasi nilai-nilai ibadah.

Selain itu, selepas dhuha, santri biasanya langsung meriung untuk membaca atau murajaah Al Quran sebelum memasuki ruang belajar. Kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Al Quran.

Rasulullah pun telah mengajarkan kepada kita agar selalu berdoa supaya kita diberikan kemampuan mencintai dan membaca Al Quran. Sebab dalam kehidupan ini banyak diantara saudara kita yang mengabaikan Al Quran. Mengapa abai? Penyebab utamanya adalah tidak adanya kecintaan kepada Al Quran.

Rasa cinta kepada Al Quran itu telah redup dan menghilang atau bahkan rasa cinta itu telah mati. Sesungguhnya jika hati ini cinta kepada sesuatu, maka dia akan tertambat dan bergantung kepadanya, selalu merasakan kesenangan bersamanya dan kerinduan ingin bertemu dengannya serta tidak ingin berpisah dan jauh-jauh darinya.

Begitu juga terhadap Al Quran. Jika hati seseorang sudah mencintainya, maka dia akan merasakan kenikmatan ketika membacanya, merasa senang dan gembira saat bersamanya. Dia akan berusaha untuk mengetahui, memahami dan menyelami arti dan makna yang terkandung di dalamnya.

Sebaliknya, jika tidak ada kecintaan, maka hati ini akan sulit menerima Al Quran, terasa berat untuk tunduk taat kepada Al Quran.

Allahummarhamna Bil Quran
Waj’alhulanna Imaaman Wa Nuuran Wa Huda Wa Rohmah
Allahumma Dzikkirna Minhu maa Nasiiha
Wa’allimna Minhu maa Jahiilna
Warzuqna Tilaawatahu
Aana Al Laili Wa Aana An Nahaari
Waj’alhulanna Hujjatan
Yaa Rabbal ‘Alamin

Ya Allah Kasih Sayangilah daku
dengan sebab AlQuran ini
Dan jadikanlah AlQuran ini
sebagai pemimpin
sebagai cahaya
sebagai petunjuk
dan sebagai rahmat bagiku

Ya Allah ingatkanlah daku
apa-apa yang aku lupa dalam AlQuran
yang telah Kau jelaskan
dan ajarilah apa-apa yang aku belum mengetahui
Dan karuniailah daku
selalu sempat membaca AlQuran
pada malam dan siang hari
Dan jadikanlah AlQuran ini
sebagai hujjah bagiku

Ya Allah Tuhan semesta alam

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply