PAUD Hidayatullah Depok Teguhkan Pendidikan Jiwa untuk Generasi Bangsa

 0
PAUD Hidayatullah Depok Teguhkan Pendidikan Jiwa untuk Generasi Bangsaby Yacong B Halikeon.PAUD Hidayatullah Depok Teguhkan Pendidikan Jiwa untuk Generasi BangsaTELAH menjadi komitmen Pendidikn Anak Usia Dini (PAUD) dibawah pengelolaan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok untuk menjadi lembaga pendidikan yang meneguhkan jiwa peserta didik. Salah seorang manajemen PAUD Hidayatullah Depok Ustadzah Neneng Asiah, S.Pd.I mengatakan tak diragukan lagi bahwa anak memerlukan pendidikan yang baik. Pendidikan ini, kata dia, akan mempengaruhi anak baik itu tingkat kecerdasannya […]

TELAH menjadi komitmen Pendidikn Anak Usia Dini (PAUD) dibawah pengelolaan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok untuk menjadi lembaga pendidikan yang meneguhkan jiwa peserta didik.

Salah seorang manajemen PAUD Hidayatullah Depok Ustadzah Neneng Asiah, S.Pd.I mengatakan tak diragukan lagi bahwa anak memerlukan pendidikan yang baik. Pendidikan ini, kata dia, akan mempengaruhi anak baik itu tingkat kecerdasannya dan jiwa anak.
Karena itu, jelas dia, dalam membangun kecerdasan anak maka diperlukan stimulasi yang cukup. Banyak aneka macam stimulasi yang bisa kita berikan kepada buah hati. Termasuk upaya-upaya untuk meningkatkan kecerdasan anak dengan media permainan.

“PAUD Hidayatullah Depok dalam upaya tersebut, berupaya menggandeng semua pihak yang bersinggungan langsung dengan visi tersebut seperti orangtua dan peserta didik,” kata Neneng.

Hal tersebut, sambung Neneng, sangatlah penting karena dalam membangun jiwa anak diperlukan tidak saja peran guru di sekolah tetap lebih dari itu adalah peran orangtua.

Lebih jauh dia menegaskan, membangun jiwa anak tidak hanya cukup dengan mengandalkan pihak luar saja, misalnya pihak sekolah. Pihak sekolah juga memerlukan kerjasama yang baik antara orangtua dan para guru. Jiwa anak juga harus dibangun dan diberi rangsangan sejak usia dini.

Membangun jiwa anak merupakan bagian yang penting karena dengan jiwa yang baik akan mampu menghantarkan anak menjadi pribadi yang baik pula. Begitu pula sebaliknya.

“Ketika pendidikan jiwa ini tidak diperhatikan dengan baik maka tak mustahil anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang bermasalah. Jiwa anak akan sangat tergantung dari pengaruh lingkungan di sekelilingnya,” terangnya.

Neneng lantas menekankan bahwa pendidikan jiwa merupakan mainframe yang melandasi penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatullah Depok yang berasal dari sumber Islam itu sendiri dengan mengkolaborasikannya dengan sistem pendidikan nasional yang terintegratif.

Menurut Neneng, esensi Islam dengan berbagai aspek ajarannya termasuk di bidang pendidikan adalah Tauhid. Itulah mengapa Hidayatullah mengusung konsep “Pendidikan Berbasis Tauhid” yang mengintegrasikan ilmu ilmu umum dan ilmu diniyah.

“Sebab Islam itu melingkupi semua aspek, sehingga tidak ada dikotomi antara ilmu agama dan ilmu dunia. Semua perlu dipelajari dan didalami dalam rangka satu: mendekatkan diri kepada Alla SWT dan taat kepada-Nya,” pungkas Neneng.

Pendidikn Anak Usia Dini (PAUD) Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok kini mengelola sejumlah sekolah mulai dari Baby House, Day care, Play Group, dan TKA. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply