Pondok Pesantren Hidayatullah Depok Terus Kembangkan Pembelajaran Kitab Kuning

 0
Pondok Pesantren Hidayatullah Depok Terus Kembangkan Pembelajaran Kitab Kuningby Yacong B Halikeon.Pondok Pesantren Hidayatullah Depok Terus Kembangkan Pembelajaran Kitab KuningLembaga Pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok terus mengembangkan pembelajaran kitab kuning kepada segenap santri terutama bagi santri Sekolah Pemimpin Madrasah Aliyah Hidayatullah Depok. Pembelajaran ini diampu oleh Al Ustadz Muhammad Nadjib yang juga Kepala Sekolah MA Hidayatullah Depok. Juga oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok Al Ustadz Lalu Mabrul, M.Pd.I dan Ketua DKM […]

Lembaga Pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok terus mengembangkan pembelajaran kitab kuning kepada segenap santri terutama bagi santri Sekolah Pemimpin Madrasah Aliyah Hidayatullah Depok.

Pembelajaran ini diampu oleh Al Ustadz Muhammad Nadjib yang juga Kepala Sekolah MA Hidayatullah Depok. Juga oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok Al Ustadz Lalu Mabrul, M.Pd.I dan Ketua DKM Ummul Quro Ustadz Hafidh Bahar Hamdan,SE.

Sejak dulu, kitab kuning yang dewasa ini sering disebut dengan kitab klasik itu sudah berkembang pesat, yaitu pada zaman tabi’en. Pada zaman itu, para mujtahid berlomba-lomba mengarang kitab itu dengan alasan, untuk mencari jawaban dan mempermudah menjawab masalah-masalah yang terkandung dalam dua pegangan kita sebagai orang Islam, yaitu Al-Quran dan Al-Hadis, sedangkan kandungan bahasa Alquran dan Alhadis itu penuh dengan majas.

Salah satu cara untuk memahami bahasa tersubut adalah dengan menafsiri Al-Quran dan Al-Hadis tersebut, sedangkan semua hukum Islam itu terkandung dalam dua kitab tersebut. Walaupun Al-Quran dan Al-Hadis bahasanya menggunakan bahasa Arab, banyak penganut Islam Arab masih kebingungan dalam memahami Al-Quran dan Al-Hadis. Kebingungan tersebut bisa terjawab dengan pelantara kitab kuning.

Dewasa ini, kitab kuning banyak diterapkan oleh para ulama ataupun kiai di pesantren-pesantren. Karena pesantren merupakan pusat pengembangan agama islam.

Bahkan kitab kuning di pesantern sudah dijadikan pelajaran wajib untuk para santri. Para ulama’ berpandangan bahwa para santri merupakan ambrio dalam pengembangan hukum-hukum yang diambil dari kitab tersebut.

Pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional memiliki watak yang utama, yaitu sebagai lembaga pendidikan yang memiliki ciri-ciri khas. Karena pesantren memiliki tradisi keilmuan yang berbeda dengan tradisi keilmuan lembaga-lembaga lainnya, seperti sekolah.

Salah satu dari ciri utama pesantren adalah sebagai pembeda lembaga keilmuan yang lain adalah kitab kuning, yaitu kitab-kitab Islam klasik yang ditulis dalam bahasa Arab baik yang ditulis tokoh muslim arab maupun pemikir muslim Indonesia.

Pesantren ternyata menyimpan keunikan tersendiri. Salah satu diantaranya adalah kegiatan pengajian kitab kuning yang merupakan salah satu cirri khas dan simbol tradisi keislaman di pesantren yang hingga kini masih dipertahankan terutama pada beberapa pesantren tradisional.

Dengan kata lain pesantren dan kitab kuning ibarat dua sisi mata uang yang sama-sama mempunyai makna, sehingga eksistensi sebuah pesantren hampir selalu diidentikkan dengan kitab kuning yang mengandung berbagai khazanah ilmu pengetahuan.

itab kuning merupakan karangan para ulama yang ilmunya sudah mempuni dan kealimannya sudah tidak diragukan lagi. Kitab ini banyak membahas tentang hukum-hukum Allah yang tidak dijelaskan di dalam Al-Quran dan Al-Hadis. Kitab ini biasanya di ajarkan oleh para ulama di pesantrennya, penyampaiannya biasanya dengan cara ceramah.

Alat penunjang untuk memahami kitab itu adalah nahwu, saraf dan kitab-kitab penunjang lainnya. Manfaat mempelajari kitab kuning ini, para pelajar akan tahu apa yang tersurat dan apa yang tersurat dalam Al-Quran dan Al-Hadis.

Karena kitab kuning merupakan kitab yang dikarang oleh para ulama dari hasil ijtihad mereka untuk mencari suatu hukum yang tidak dijelaskan dalam dua pedoman kita, yaitu Al-Quran dan Al-Hadis. (Naskah penjabaran diambil dari berbagai sumber)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply