Kampus Pendidikan Hidayatullah Depok Rutin Lakukan Pembelajaran Outdoor, Inilah Manfaatnya

 0
Kampus Pendidikan Hidayatullah Depok Rutin Lakukan Pembelajaran Outdoor, Inilah Manfaatnyaby Yacong B Halikeon.Kampus Pendidikan Hidayatullah Depok Rutin Lakukan Pembelajaran Outdoor, Inilah ManfaatnyaBeginilah suasana Halaqoh Pandu Sekolah Pemimpin Madrasah Aliyah Hidayatullah Depok di Jum’at pagi nan cerah di lingkungan Kampus Hidayatullah Depok, Jum’at (8/9/2018). Kegiatan rutin tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab belajar secara outdoor di ruang kelas memiliki banyak manfaat. Belajar di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan […]

Beginilah suasana Halaqoh Pandu Sekolah Pemimpin Madrasah Aliyah Hidayatullah Depok di Jum’at pagi nan cerah di lingkungan Kampus Hidayatullah Depok, Jum’at (8/9/2018).

Kegiatan rutin tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab belajar secara outdoor di ruang kelas memiliki banyak manfaat.

Belajar di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di dalam kelas. Pembelajaran tak perlu melulu dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas, seperti di tempat-tempat terbuka tempat manusia bisa saling berinteraksi.

Belajar di dalam kelas, terkadang membuat siswa merasa bosan dengan kondisi kelas yang ada. Mereka mudah merasa jenuh, sehingga kegiatan belajar mengajar pun menjadi kurang maksimal. Pembelajaran sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas, melainkan juga luar kelas.

Beberapa tujuan yang bisa didapatkan dalam melakukan pembelajaran di luar kelas antara lain adalah sebagai berikut.

Pembelajaran di luar kelas mampu membuat tiap individu mengembangkan kreativitas serta inisiatif secara personal mereka, mampu mewujudkan potensi yang dimiliki oleh tiap individu agar jiwa, raga serta spirit dan semangatnya menjadi lebih optimal, memberi kesempatan untuk peserta didik dalam merasakan secara langsung pada materi yang tengah disampaikan, membuat peserta didik mampu mengembangkan keterampilan mereka serta ketertarikan siswa pada kegiatan di luar kelas.

Selain itu, tujuan yang bisa didapatkan dalam melakukan pembelajaran di luar kelas adalah membantu mengembangkan hubungan di antara guru dan murid lebih baik dengan beragam pengalaman yang bisa ditemukan di alam bebas, memberi kesempatan serta pengalaman belajar secara langsung bagi para siswa.

Muridn juga diharapkan akan mampu memanfaatkan sumber yang ada di lingkungan luar serta komunitas sekitar sebagai media pembelajaran serta menanamkan pada peserta didik jika dunia merupakan wahana belajar yang mengasikkan.

Adappun manfaat yang bisa didapatkan dalam melakukan pembelajaran di luar kelas diantaranya pikiran menjadi lebih jernih, sistem pembelajaran terasa lebih menyenangkan, sistem pembelajaran menjadi lebih real dengan objek yang bisa secara langsung dilihat di luar, sistem pembelajaran menjadi lebih kreatif, dan peserta didik mampu mengenal dunia nyata secara lebih luas.

Demikianlah beberapa poin penting pembelajaran di luar kelas yang secara rutin digalakkan oleh Kependidikan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, dalam rangka membangun budaya ilmu dan kependidikan yang progresif dan menggembirakan. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply