SMP Integral Hidayatullah Depok Ikuti Seminar Bahaya Narkoba

 0
SMP Integral Hidayatullah Depok Ikuti Seminar Bahaya Narkobaby Yacong B Halikeon.SMP Integral Hidayatullah Depok Ikuti Seminar Bahaya NarkobaSMP Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Depok melaksanakan kegiatan penyuluhan anti narkoba di lokasi di Aula Hidayatullah Depok, Komplek Pesantren Hidayatullah Depok, Jum’at (2/11/2018). Kegiatan penyuluhan anti narkotika digelar atas kerjasama antara Badan Narkota Nasional (BNN) Kota Depok dan Polres yang diikuti oleh segenap murid SMP Integral Hidayatullah Depok. Sebagai narasumber pada kegiatan yang mengangkat tema, […]

This slideshow requires JavaScript.

SMP Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Depok melaksanakan kegiatan penyuluhan anti narkoba di lokasi di Aula Hidayatullah Depok, Komplek Pesantren Hidayatullah Depok, Jum’at (2/11/2018).

Kegiatan penyuluhan anti narkotika digelar atas kerjasama antara Badan Narkota Nasional (BNN) Kota Depok dan Polres yang diikuti oleh segenap murid SMP Integral Hidayatullah Depok.

Sebagai narasumber pada kegiatan yang mengangkat tema, “Menciptakan Generasi Muda Islam yang Berprestasi Berkarakter Tanpa Narkoba” pada Jum’at pagi ini yakni Kepala Seksi Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Kompol Sunarto.

Dalam pemaparannya, Kepala Seksi Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Kompol Sunarto, menjelaskan tentang pengertian narkoba, golongan narkoba, dampak serta trik menjauhi narkoba agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Beliau juga mengutarakan dampak negatif akibat penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda diantaranya perubahan dalam sikap dan kepribadian seperti mudah tersinggung dan cepat marah.

“Narkoba bisa menghancurkan masa depan kalian sebagai generasi bangsa. Karena itu jangan pernah mendekati apalagi coba-coba,” pesan Kompol Sunarto.

Bahkan lebih jauh, narkona dapat merusak tatanan bangsa dan kehidupan seseorang. Bahkan bila sudah kecanduan akan melakukan tindak pidana untuk membeli narkoba.‬

Kompol Sunarto menjelaskan bahwa dalam penanggulangan narkoba tidak hanya menjadi tangggung jawab BNNN atau Polisi saja tetapi tanggungjawab semua pihak, termasuk orangtua bersama keluarga, guru, para pemuda dan seluruh masyarakat karena narkoba telah menjadi endemi global.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Sekolah SMP Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Ust Abdurrahman Hakim, mengatakan penyuluhan pencegahan bahaya narkoba merupakan program pihaknya untuk membangun kesadaran lingkungan peserta didik terhadap bahaya peredaran narkotika.

Apalagi, lanjut Abdurrahman, penyalahgunaan narkoba di negeri ini kian mengkhawatirkan, karena telah menyerang segala usia, tidak terkecuali usia pelajar sekolah dasar. Oleh karena itu, menurutnya langkah pencegahan di usia dini mutlak harus dilakukan. Salah satu langkah yang paling konkret adalah dengan menggencarkan kegiatan penyuluhan bahaya Narkoba untuk para pelajar di usia dini.

“Penyuluhan pencegahan bahaya narkoba ini amat penting dilakukan karena bahaya narkoba memang tidak bisa disepelekan. Narkoba menjadi ancaman serius semua bangsa tak terkecuali Indonesia. Semoga dengan penyuluhan itu, para santri ini menjadi tahu bahaya narkoba,” katanya.

Dengan demikian, Abdurrahman berharap mereka para santri akan menjauhi narkoba, serta menjadi pelopor di lingkungannya dalam pemberantasan narkoba dan tidak terjerumus mengkonsumsi narkoba.

Penyampaian materi penyuluhan pencegahan bahaya narkoba ini tidak hanya komunikasi satu arah saja. Penyuluh mengadakan simulasi yang melibatkan siswa, tentang bagaimana cara menolak seseorang yang menawarkan narkoba.

Dalam konklusi materinya, Kepala Seksi Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Kompol Sunarto, berharap dengan kegiatan ini, kesadaran pelajar akan bahaya narkoba semakin meningkat, dan mereka akan lebih responsif ketika ada tindakan mencurigakan di lingkungannya, para pelajar dapat melapor kepada pihak berwajib, sehingga tindakan kejahatan Narkoba di lingkungan dimana dia berada dapat ditangkal. Tonton video dokumentasinya di bawah. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply