Teguhkan Keislaman dan Wawasan Kebangsaan, SMP Hidayatullah Depok Gelar ILC

 0
Teguhkan Keislaman dan Wawasan Kebangsaan, SMP Hidayatullah Depok Gelar ILCby Yacong B Halikeon.Teguhkan Keislaman dan Wawasan Kebangsaan, SMP Hidayatullah Depok Gelar ILCDALAM rangka meneguhkan wawasan kebangsaan terhadap segenap santri, pengelola SMP Hidayatullah Depok menggelar kegatan Integral Leader Camp (ILC) yang diselenggarakan selama 3 hari di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta), Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Kegiatan yang berlangsung sejak Ahad (11/11/2018) dan Insya Allah ditutup pada Selasa (13/11/2018) ini mengusung tema “Lejitkan Potensi Diri Wujudkan […]

This slideshow requires JavaScript.

DALAM rangka meneguhkan wawasan kebangsaan terhadap segenap santri, pengelola SMP Hidayatullah Depok menggelar kegatan Integral Leader Camp (ILC) yang diselenggarakan selama 3 hari di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta), Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

Kegiatan yang berlangsung sejak Ahad (11/11/2018) dan Insya Allah ditutup pada Selasa (13/11/2018) ini mengusung tema “Lejitkan Potensi Diri Wujudkan Pemimpin Tangguh, Mandiri dan Nasionalis”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Gugus Pramuka dan Pandu Hidayatullah.

Kepala Sekolah SMP Integral Hidayatullah Depik, Ust Abdurrahman Hakim, dalam keterangannya mengatakan kegiatan Integral Leader Camp (ILC) yang digagas pihaknya ini sebagai implementasi dari sistem kependidikan yang integral dan konfrehensif.

“Jadi tidak saja aspek intelektual murid yang dikembangkan, tetapi juga bagaimana para murid memiliki wawasan yang integral salah satunya tentang wawasan kebangsaan dan nasionalisme. Sebab memang tak ada demarkasi antara Islam dan nasionalisme karena keduanya sesungguhnya satu senyawa yang saling berpadu,” kata Abdurrahman.

Abdurrahman mengatakan, dari kegiatan Integral Leader Camp (ILC) diharapkan dapat memberikan kesan tersendiri bagi segenap peserta. Selain dibekali dengan iman dan takwa, para anak didik juga harus dibekali dengan rasa cinta tanah air. Dalam kegiatan Integral Leader Camp ini selain menyanyikan Indonesia Raya dalam prosesi upacara, para peserta juga mendapatkan materi-materi wawasan kebangsaan lainnya dan juga muatan keislaman.

Abdurrahman mengharapkan dari rangkaian acara Integral Leader Camp ini dapat memumpuk rasa nasionalisme para anak didik sekaligus meneguhkan jiwa keislaman segenap santri untuk berbakti kepada umat dan bangsa tercinta ketika kelak mereka telah menyelesaikan masa pendidikannya.

Di samping semangat kebangsaan, dalam kegiatan ILC ini peserta juga akan menemukan nilai-nilai kebersamaan, kesederhanaan, gotong-royong, rendah hati, dan empati, sebagaimana yang terus-menerus ditanamkan dan disemai dalam pendidikan pesantren.

“Para santri tinggal di tenda-tenda yang didirikan secara gotong royong makan pun mereka dilatih untuk bekerjasama bagaimana menyiapkannya melalui teamwork. Melalui ILC ini kita ingin mengembangkan kompetensi santri serta melatih kecakapan sosial mereka sehingga kelak mereka menjadi generasi bangsa yang siap berkompetisi,” pungkas Abdurrahman. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply