Study Tour Kelas 8 SMP Integral Hidayatullah Depok ke Yogyakarta

 0
Study Tour Kelas 8 SMP Integral Hidayatullah Depok ke Yogyakartaby Yacong B Halikeon.Study Tour Kelas 8 SMP Integral Hidayatullah Depok ke YogyakartaDALAM rangka meningkatkan kapasitas pembelajaran, pematangan intelektual dan kompetensi santri, para pelajar kelas 8 SMP Integral Hidayatullah Depok mengikuti kegiatan study tour ke daerah istimewa Yogyakarta selama 4 hari mulai tanggal 9 sampai dengan 12 Desember 2018. Perjalanan studi selama empat hari ini merupakan kegiatan tahunan dari SMP Integral Hidayatullah Depok. Study tour atau field […]

This slideshow requires JavaScript.

DALAM rangka meningkatkan kapasitas pembelajaran, pematangan intelektual dan kompetensi santri, para pelajar kelas 8 SMP Integral Hidayatullah Depok mengikuti kegiatan study tour ke daerah istimewa Yogyakarta selama 4 hari mulai tanggal 9 sampai dengan 12 Desember 2018. Perjalanan studi selama empat hari ini merupakan kegiatan tahunan dari SMP Integral Hidayatullah Depok.

Study tour atau field trip (karyawisata) adalah kegiatan rutin tahunan di banyak sekolah termasuk di selenggarakan oleh lembaga pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok di setiap lini pendidikan mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

Lewat study tour semacam ini, peserta didik atau para santri tidak hanya belajar di dalam ruangan tetapi juga di luar. Ini akan memberikan pengalaman yang lebih nyata baginya.

Selain itu, manfaat lainnya mereka berlatih mandiri dan mampu bersosialisasi. Study tour juga dapat menumbuhkan keinginan untuk mencoba hal-hal baru dan mengejar impian yang sebelumnya tidak diketahui.

Study tour biasanya mengajak anak lebih mengenal lingkungan atau tempat wisata yang dikunjungi. Misal, saat berwisata ke kebun raya atau taman bunga, maka kecerdasan naturalisnya pun ikut terasah.

Kepala Sekolah SMP Integral Hidayatullah Depok, Ust Abdurrahman Hakim, study tour yang dilakukan sekolahnya ini juga sebagai ajang learning exhibition. Dengan begitu, kata Abdurrahman, peserta didik sekaligus dilatih untuk bisa menyampaikan ide, pendapat, dan berbicara depan publik.

Study tour atau pembelajaran outdor menurut Rahman juga dapat menunjang kapasitas kegiatan fisik peserta didik. Ini dipandang penting mengingat kegiatan pembelajaran di luar ruangan terutama di lingkungan alami terbukti memberikan perkembangan positif bagi anak-anak.

Sebuah penelitian gabungan terbaru dari University of British Columbia and the Child and Family Research Institute mengungkapkan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik di luar ruangan memiliki kesehatan fisik dan sosial yang lebih besar.

Temuan tersebut didasarkan dari lebih dari 20 studi yang difokuskan pada kesehatan dan perilaku pada anak-anak yang terlibat dalam berbagai jenis permainan berisiko. Mampu memanjat, melompat, jatuh dan mengeksplorasi secara independen tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi membantu untuk meningkatkan interaksi sosial, kreativitas dan ketahanan anak-anak.

Studi lain yang memperkuat datang dari Universitas Aukland dan Massey University juga menemukan fakta bahwa bermain di luar rumah (outdoor), memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Penelitian ini menguji kebiasaan bermain indoor dan outdoor dari 20 anak-anak dan keluarga mereka.

Studi tadi menemukan bahwa anak-anak yang bermain di luar tanpa pengawasan mendapatkan latihan yang lebih baik, mengembangkan kemandirian lebih cepat dan belajar untuk bekerja sama dengan orang lain sebelumnya.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply