SD Integral Hidayatullah Depok Kuatkan Kepesertaan dalam Gugus Sekolah

 0
SD Integral Hidayatullah Depok Kuatkan Kepesertaan dalam Gugus Sekolahby Yacong B Halikeon.SD Integral Hidayatullah Depok Kuatkan Kepesertaan dalam Gugus SekolahSD Islam Integral Hidayatullah Depok terus melakukan kontribusi dalam peranannya menguatkan Gugus Sekolah khususnya di lingkungan Gugus dimana SD Islam Integral Hidayatullah Depok bergabung. Diantara yang secara rutin dilakukan adalah kepesertaan SD Islam Integral Hidayatullah Depok di dalam setiap kegiatan koordinasi seperti pada tanggal 23 Januari 2019 mengikuti Rapat Gugus 1 di SDN Kalimulya yang […]

SD Islam Integral Hidayatullah Depok terus melakukan kontribusi dalam peranannya menguatkan Gugus Sekolah khususnya di lingkungan Gugus dimana SD Islam Integral Hidayatullah Depok bergabung.

Diantara yang secara rutin dilakukan adalah kepesertaan SD Islam Integral Hidayatullah Depok di dalam setiap kegiatan koordinasi seperti pada tanggal 23 Januari 2019 mengikuti Rapat Gugus 1 di SDN Kalimulya yang juga rapat koordinasi terkait Kelompok Kerja Guru (KKG) dan lain-lain.

KKG sendiri merupakan suatu wadah dalam pembinaan kemampuan profesional guru, pelatihan dan tukar menukar informasi, dalam suatu mata pelajaran tertentu sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. KKG juga merupakan wadah dalam pembinaan profesional guru yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi, bertukar fikiran dan berbagi pengalaman, melaksanakan berbagai demonstrasi, atraksi dan simulasi dalam pembelajaran.

KKG penting peranannya sebagai forum/organisasi atau perkumpulan guru-guru mata pelajaran yang mempunyai kegiatan khusus memberikan informasi-informasi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pribadi guru dalam proses belajar mengajar.

Kepala Sekolah SD Islam Integral Hidayatullah Depok, Ust Abdurrahman Hakim, S.Pd.I, mengatakan Gugus Sekolah adalah sebuah lembaga/organisasi sebagai pusat pengembangan sekolah dasar di sekitarnya yang memiliki tujuan meningkatkan mutu pendidikan.
Biasanya Gugus sekolah menangani lima hingga delapan sekolah
dasar pada daerahnya. Gugus sekolah juga memiliki tugas mengawasi setiap sekolah dasar baik kinerja guru, karyawan dan kepala sekolah serta menjadi data center akademik bagi sekolah dasar yang ditangani.

Diketahui, sebagaimana TAP MPR Nomor: II/MPR/1993 menyatakan bahwa Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk meningkatakn kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa , berbudi pekerti luhur, kepribadian , berdisiplin, bekerja keras, tangguh , bertanggungnjawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.

Mengacu pada tujuan tersebut di atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berupaya melakukan berbagai usaha peningkatan mutu personil aatau peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola pendidikan khususnya di Sekolah dasar (SD).

Usaha kongkrit yang dilaksanakan anatar lain dengan Sistem Pembinaan Profesional (SPP) guru, meningkatkan mutu personil tenaga kependidikan yang diharapkan dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar.

Sementara itu, PKG Gugus Sekolah sebagai wadah perlu dikelola dengan baik dan dikembangkan terus pertumbuhannya, sehingga dapat berfungsi secara efektif. Hal ini perlu ditempuh karena kondisi tenaga kependidikan di SD saat ini masih memerlukan upaya pembinaan dan peningkatan mutu melalui pemberian bantuan professional seiring dengan lajunya perkembangan kemajuan IPTEK.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply