SD Integral Hidayatullah Depok Gulirkan “Gerakan Warga Sekolah Membaca”

 0
SD Integral Hidayatullah Depok Gulirkan “Gerakan Warga Sekolah Membaca”by Yacong B Halikeon.SD Integral Hidayatullah Depok Gulirkan “Gerakan Warga Sekolah Membaca”DALAM rangka membangun tradisi membaca, SD Integral Hidayatullah Depok membuat program wajin bernama Gerakan Warga Sekolah Membaca (GWSM). Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ustadz Abdurrahman Hakim, mengatakan kegiatan ini dilakukan setiap hari 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai serta digelar Senin sampai dengan Kamis jam 13.00 hingga 13.15 WIB. Abdurrahman mengatakan, kegiatan […]

DALAM rangka membangun tradisi membaca, SD Integral Hidayatullah Depok membuat program wajin bernama Gerakan Warga Sekolah Membaca (GWSM). Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ustadz Abdurrahman Hakim, mengatakan kegiatan ini dilakukan setiap hari 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai serta digelar Senin sampai dengan Kamis jam 13.00 hingga 13.15 WIB.

Abdurrahman mengatakan, kegiatan ini juga untuk membangun kebiasaan literasi sejak dini. Tujuan penetapan ini, lanjur dia, adalah untuk meningkatkan minat baca warga sekolah dan diharapkan membaca dapat membudaya.

Apalagi, faktanya, hingga saat ini pun, angka minat baca masyarakat Indonesia masih berada pada rangking dua terbawah. Karena itu menurut dia peningkatan minat baca tentunya tidak akan bertambah begitu saja apabila tidak ada kebiasaan mengenalkan buku sejak dini.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi anak usia dini adalah: pertama, meningkatkan sosialisasi melalui pemerintah, organisasi kemasyarakatan, dan komunitas tentang pentingnya memperkenalkan buku sejak dini.

Dia menjelaskan, literasi adalah kemampuan dalam mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas. Adapun kemampuan membaca dan menulis merupakan literasi paling mendasar.

Dengan pendidikan literasi ini diharapkan orangtua atau dalam hal ini lingkungan sekolah dapat mencetak anak yang tidak hanya cerdas dalam bidang akademik semata, namun juga memiliki pola pikir kritis dan logis.

Begitu pentingnya pendidikan literasi, sampai-sampai kemudian ayat yang pertama kali turun kepada Nabi adalah perintah membaca: Iqra’ bismirabbik.

Iqra’ sebagai embrio pendidikan literasi dalam dunia islam, menunjukkan bahwa literasi bagi manusia merupakan semacam survival kit yang dibutuhkan dalam mengarungi kehidupan yang dianugrahkan kepada manusia.

Mengenalkan anak pada literasi sejak dini, maka akan memberikan banyak stimulasi untuk melatih kemampuan dan tumbuh kembang otaknya. Juga akan membantu memperkaya kosa kata anak sejak dini sebagai senjata utama untuk berkomunikasi.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply