Murid MA Hidayatullah Depok Didorong Agar Selalu Menjaga Kebersihan dan Kerapihan

 0
Murid MA Hidayatullah Depok Didorong Agar Selalu Menjaga Kebersihan dan Kerapihanby Yacong B Halikeon.Murid MA Hidayatullah Depok Didorong Agar Selalu Menjaga Kebersihan dan KerapihanKebersihan dan kerapihan sangat dianjurkan dalam Islam. Pribadi yang bersih dan rapi akan mendatangkan kenyamanan. Begitupun dengan lingkungan. Imam At-Thabrani di dalam kitabnya, Al-Mu’jam Al-Ausath, meriwayatkan sebuah hadis dari Ibnu Mas’ud r.a, berbunyi: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَخَلَّلُوْا فَإِنَّهُ نَظَافَةٌ وَالنَّظَافَةُ تَدْعُوْ إِلَى الْإِيْمَانِ وَالْإِيْمَانُ مَعَ صَاحِبِهِ فِى الْجَنَّةِ (رواه الطبراني) Buanglah […]

Kebersihan dan kerapihan sangat dianjurkan dalam Islam. Pribadi yang bersih dan rapi akan mendatangkan kenyamanan. Begitupun dengan lingkungan. Imam At-Thabrani di dalam kitabnya, Al-Mu’jam Al-Ausath, meriwayatkan sebuah hadis dari Ibnu Mas’ud r.a, berbunyi:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَخَلَّلُوْا فَإِنَّهُ نَظَافَةٌ وَالنَّظَافَةُ تَدْعُوْ إِلَى الْإِيْمَانِ وَالْإِيْمَانُ مَعَ صَاحِبِهِ فِى الْجَنَّةِ (رواه الطبراني)

Buanglah sisa-sisa makanan di gigimu, karena perbuatan itu adalah kebersihan, dan kebersihan itu akan mengajak (menggiring) kepada iman, dan iman itu akan bersama orang yang memilikinya dalam surga. (HR. At-Thabrani)

Nilai-nilai agung yang terkandung di dalam hadits di atas berusaha terus digalakkan di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok khususnya Madrasah Aliyah (MA).

Setiap hari Jum’at pagi, secara rutin dilakukan pemeriksaan kuku tangan santri. Tak boleh ada santri yang berkuku panjang, apalagi kotor dan berlumpur. Para ustadz akan bertindak apabila mendapati ada santri yang tidak rapi dan dan bersih.

Bukan itu saja. Santri memiliki rambut panjang juga harus dirapikan agar tidak mengganggu dalam menerima pelajaran. Regulasi tersebut semata-mata untuk membiasakan para santri hidup disiplin, bersih, teratur dan mandiri.

Dengan pembiasaan tersebut, ia akan menjadi habit sehingga kelak mereka menjadi pribadi yang tekun dalam merawat kebersihan dan kerapihan. Tidak saja terhadap pribadinya, melainkan juga terterapkan dalam lingkup keluarga dan bangsa.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply