Silaturrahim Syawal Sekaligus Peresmian Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok

 0
Silaturrahim Syawal Sekaligus Peresmian Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depokby Yacong B Halikeon.Silaturrahim Syawal Sekaligus Peresmian Pesantren Putri SMP Hidayatullah DepokSetelah sekian lama dinanti-nanti, akhirnya Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok kini hadir memenuhi harapam masyarakat khususnya di kota Belimbing ini. Peresmian dilakukan dirangkaikan dengan acara Silaturrahim Syawal Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Rabu (3/7/2019). Peresmian Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok dihadiri oleh sejumlah tokoh diantaranya Ketua Departemen Pendidikan Tinggi (Dikti) DPP Hidayatullah Nanang Nur Patria, Dewan […]

Setelah sekian lama dinanti-nanti, akhirnya Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok kini hadir memenuhi harapam masyarakat khususnya di kota Belimbing ini. Peresmian dilakukan dirangkaikan dengan acara Silaturrahim Syawal Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Rabu (3/7/2019).

Peresmian Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok dihadiri oleh sejumlah tokoh diantaranya Ketua Departemen Pendidikan Tinggi (Dikti) DPP Hidayatullah Nanang Nur Patria, Dewan Pembina Hidayatullah Depok Dr Abdul Mannan dan Ust Abu A’la Abdullah yang sekaligus menyampaikan tausiah dalam acara tersebut.

Tampak pula sejumlah jajaran DPP Hidayatullah lainnya seperti Bendahara Umum Wahyu Rahman, Ketua Departemen SDI Abdul Muhaimin dan Kepala Biro Umum Muhammad Musyafir. Ketinggalan Ketua Departemen Pendidikan DPW Hidayatullah Jabodebek Iwan Ruswanda serta tokoh masyarakat setempat.

Membuka acara silaturrahim Syawal dan peresmian Pesantren Putri SMP Hidayatullah ini, Ketua Badan Pembina Hidayatullah Depok KH Dr Abdul Mannan berpesan tentang pentingnya memastikan visi sebuah penyelenggaraan pendidikan.

Ia menekankan, pendidikan bukanlah sekadar interaksi verbal antara guru dengan murid. Bukan pula semata pertemuan tatap muka dengan durasi tertentu lalu setelah itu selesai. Pendidikan, tegasnya, adalah proses transformasi nilai (value) sehingga membutuhkan totalitas hati, gerak dan fikiran.

“Pertanyaan besar dalam pendidikan adalah siapa penndidik, siapa yang dididik dan untuk apa mendidik. Diharapkan dari pendidikan SMP putri ini dapat mengintegrasikan seluruh ilmu yang ia miliki. Bukan saja cerdas tapi juga beradab,” katanya.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok Ust Lalu Mabrul dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Allah dan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah bekerja keras mendukung sehingga Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok bisa hadir di tengah masyarakat.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’ala menjadikan tempat ini menjadi washilah kebaikan untuk melahirkan generasi yang berilmu dan beradab,” kata Mabrul dalam sambutannya di lokasi peresmian Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok Jalan Raya Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/7/2019).

Ust Mabrul menyampaikan, kehadiran Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok adalah bagian dari upaya Hidayatullah Depok untuk menghadirkan serta menyelenggarakan pendidikan integral berbasis Tauhid yang selama ini telah dikembangkan Hidayatullah.

Dalam pada itu, ia menyampaikan apresiasi kepada para ibu guru tim pengelola Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok yang telah bekerja maksimal mempersiapkan penyelenggaraan pondok tahfidz khusus putri ini.

“Segala puji hanya milik Allah. Dan dengan nikmatnya, menjadi sempurna kebaikan-kebaikan. Langkah awal sudah dimulai. Semoga Allah Ta’aala meridoi dan memberkahi,” tutup Ust Mabrul.

Dalam kesempatan yang lain, Kepala Sekolah SMP Integral Hidayatullah Putri, Ustadzah Sarah Zakiyah, S.Pd.I, mengatakan, dengan beragam fasilitas pendukung yang dimiliki, SMP Integral Hidayatullah Putri diharapkan melahirkan profil lulusan yang beraqidah lurus (shohihun fil aqidah), berakhlak Qur’ani (mutaholliqun bil Qur’an), giat beribadah (mujiddun fil ibadah), menunaikan tanggung jawab sebagai penyeru kepada jalan Allah (da’in ilallah) dan berpegang teguh pada jamaah kaum muslimin (multazimun fil jamaah).

Harapan output tersebut selaras dengan visi SMP Integral Hidayatullah Putri untuk mewujudkan generasi muslimah yang unggul dan menjadi kebanggaan umat. Maka dalam pada itu, Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok mengintegrasikan nilai-nilai Tauhid pada kurikulum dan seluruh aktifitas belajar.

“Murid tak hanya memahami ilmu, melainkan juga mengikat makna Mahabesar Allah, sehingga karakter murid terbentuk untuk senang beribadah, gemar berkarya dan berprilaku baik,” kata Sarah.

Program unggulan SMP Integral Hidayatullah Putri selain mengintegrasikan Kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas) dan Diniyah (Kepesantrenan), SMP Integral Hidayatullah Putri Depok mengutamakan pembinaan dalam pembiasaan ibadah wajib dan sunnah yang tersistem, hafalan Al Qur’an minimal 10 Juz, English & Arabic Community, model pembelajaran yang integral dan islami, hafalan Hadits Arbain Annawawi dan Kepanduan Hidayatullah.

Target output SMP Integral Hidayatullah Putri adalah melahirkan lulusan yang memahami ajaran Islam, hafal Al Qur’an 10 juz, memahami Sirah, memiliki kemampuan menerjahkan lafdziyyah 3 juz dan menguasai teknolgi dan keterampilan dasar kewanitaan.

Selain ditunjang dengan lokasi dan fasilitas pendukung yang nyaman dan Islami, murid SMP Integral Hidayatullah Putri juga diarahkan memanfaatkan teknologi tepat guna, merawat asa dan kepedulian terhadap lingkungan.

Dengan asrama yang homy dan pengasuh yang berpengalaman, dengan komitmen membangun habit disiplin, tangguh, dan mandiri, pergaulan terjaga, kebersihan utama serta gizi dan kualitas makanan yang baik, diharapkan semakin meneguhkan kiprah SMP Integral Hidayatullah Putri Depok sebagai pilihan utama para orangtua dalam mendidik putri-putrinya.

Kuota penerimaan Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok sudah penuh sejak jauh hari. Kendati begitu, Pesantren Putri SMP Hidayatullah Depok tetap melayani konsultasi bagi masyarakat khususnya Depok dan dari daerah lainnya. []

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply