Sambangi SD Hidayatullah Depok, Perpustakaan Keliling Pemkot Disambut Antusias

 0
Sambangi SD Hidayatullah Depok, Perpustakaan Keliling Pemkot Disambut Antusiasby Yacong B Halikeon.Sambangi SD Hidayatullah Depok, Perpustakaan Keliling Pemkot Disambut AntusiasDENGAN Perpustakaan Mobil Keliling Perpustakaan Daerah yang dikelola Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok menyambangi SD Integral Hidayatullah di Komplek Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jalan Raya Kalimulya, Kebon Duren, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (21/8/2019). Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ustadz Abdurrahman Hakim, S.Pd.I, yang turut memyambut dan membersamai anak-anaknya […]

DENGAN Perpustakaan Mobil Keliling Perpustakaan Daerah yang dikelola Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok menyambangi SD Integral Hidayatullah di Komplek Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jalan Raya Kalimulya, Kebon Duren, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (21/8/2019).

Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ustadz Abdurrahman Hakim, S.Pd.I, yang turut memyambut dan membersamai anak-anaknya di lokasi, mengatakan kegiatan ini penting untuk membangun budaya literasi para murid.

“Kita selalu mendukung upaya pengembangan lirerasi sejak dini terutama dalam mengantar anak-anak kita menumbuhkan cinta kegiatan membaca. Termasuk dengan hadirnya perpustaan keliling ini,” kata Ust Abdurrahman Hakim dalam obrolan dengan media ini.

Menurutnya, pendidikan literasi perlu dilakukan untuk mencetak individu yang tidak hanya cerdas dalam bidang akademik, namun juga memiliki pola pikir kritis dan logis.

Dalam upaya tersebut tentu tidak saja harus terpaku pada pembelajaran di sekolah. Selain itu, orangtua di rumah pun perlu turut andil dalam menanamkan pendidikan literasi pada anak-anak mereka mulai dari usia prasekolah.

Pendidikan literasi yang telah diterapkan sejak dini akan memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik seorang anak. Praktik pengenalan literasi awal dengan membacakan buku pada anak terbukti dapat membuat anak lebih sukses dalam bidang akademik.

Hal tersebut dikarenakan anak yang telah terbiasa dikenalkan dengan dunia literasi memiliki kemampuan belajar dan berkomunikasi yang lebih baik daripada anak lainnya yang belum mendapatkan pengenalan mengenai literasi. Kemampuan akademik tersebut juga ditambahkan dengan kemampuan memecahkan masalah logis seperti dalam pengerjaan soal-soal matematika.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang bisa didapatkan anak ketika mereka diberi pendidikan awal tentang literasi sejak usia dini, maka tidak saja lingkungan sekolah, orangtua pun sudah sepantasnya menerapkan pendidikan tersebut sedini mungkin. Praktiknya bisa dimulai ketika anak sedang berada dalam tahap eksplorasi atau ketika mereka sudah mulai berbicara dan mulai mengekspresikan bahasa.

Untuk layanan mobil perpustakaan keliling, Kantor Arsip dan Perpustakaan sudah memiliki sejumlah Unit Mobil Perpustakaan Keliling yang melayani lokasi layanan di seluruh Wilayah Kota Depok. Mobil perpustakaan keliling ini beroperasi sesuai dengan jadwal dan permintaan masyarakat. (ybh/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply