Kepsek SDI Hidayatullah Depok Ust Abdurrahman Hakim Diklat di Lembang

 0
Kepsek SDI Hidayatullah Depok Ust Abdurrahman Hakim Diklat di Lembangby Yacong B Halikeon.Kepsek SDI Hidayatullah Depok Ust Abdurrahman Hakim Diklat di LembangKepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ust Abdurrahman Hakim, S.Pd.I, mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Lembang, Bandung, pada tanggal 27 Agustus sampai 3 September. Diklat ini merupakan salah satu rangkaian aksentuasi persiapan pengangkatan kepala sekolah yang harus memenuhi syarat formil maupun substansi. Seperti diketahui, kepemilikan NUKS […]

Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ust Abdurrahman Hakim, S.Pd.I, mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Lembang, Bandung, pada tanggal 27 Agustus sampai 3 September.

Diklat ini merupakan salah satu rangkaian aksentuasi persiapan pengangkatan kepala sekolah yang harus memenuhi syarat formil maupun substansi. Seperti diketahui, kepemilikan NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah) bagi seorang guru sangat penting saat diangkat menjadi kepala sekolah.

Diketahui, ada tiga regulasi atau peraturan yang mengatur pengangkatan kepala sekolah. Pertama Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Permendikbud ini memberi gambaran bagaimana proses mengangkat seorang guru menjadi kepala sekolah.

Kedua, Permendikbud ini ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Dirjend Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Nomor: 18.356 Tahun 2018, pertanggal 9 Agustus 2018.

Dalam surat edaran ini sangat tegas menyatakan bahwa ”Oleh karena persyaratan untuk pengangkatan kepala sekolah sudah cukup jelas, diminta agar pemerintah daerah dapat menaati ketentuan ini.

Syarat Substansi

Calon kepala sekolah harus memenuhi syarat substansi. Calon kepala sekolah yang telah memperoleh sertifikat dan NUKS dipastikan sudah memenuhi syarat substansi.

Syarat subtansi yang dimaksud adalah calon kepala sekolah memiliki potensi kepemimpinan dan kompetensi kepala sekolah yang memadai.

Untuk memperoleh kompetensi kepala sekolah yang memadai, calon kepala sekolah ini ditempa dalam sebuah pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah lebih dari 3 bulan dengan total jam pelajaran sesuai standar diklat CKS yaitu 300 JP, dengan rincian In Service Learning 1 (70 JP), On The Job Learning (200 JP) dan In Service Learning 2 (30 JP).

Peserta diklat Calon Kepala Sekolah (CKS) akan mendapat materi pelatihan antara lain: latihan kepemimpinan, komptensi manajerial dan survesi akademik. Disamping itu memperoleh materi terkait berbagai macam kebijakan pendidikan guna menunjang wawasan sebagai CKS.

Oleh karena itu, suatu keniscayaan bagi pihak yang berkompeten untuk memberdayakan CKSyang telah lulus diklat dan memiliki NUKS dalam momentum pengangkatan kepala sekolah.

Bukan sekedar pertimbangan kepentingan sesaat, lalu mengabaikan unsur unsur kompetensi sebagai kepala sekolah.

Acara ini ditutup oleh Ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Basa (PPPPTK TK dan PLB) Bandung Bapak Abu Khaer , M.Pd dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Drs H Mohammad Thamrin, S.Sos, MM.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply