Hidayatullah Depok Dipilih Jadi Tempat Workshop Dapodik

 0
Hidayatullah Depok Dipilih Jadi Tempat Workshop Dapodikby Yacong B Halikeon.Hidayatullah Depok Dipilih Jadi Tempat Workshop DapodikKampus Pondok Pesantren Hidayatullah Depok dipilih menjadi lokasi kegiatan workshop dalam rangka memaksimalkan peran operator dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Acara tersebut diselenggaralan oleh Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Cerdas Kecamatan Cilodong, Kamis (12/9/2019). Dimana, dalam kegiatan pendampingan operator dapodik tersebut, tema yang diusung adalah “Sukses Bersama Dapodik”. Ketua PKG Cerdas Kecamatan Cilodong, Noora Sulistyawati mengatakan, […]

Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Depok dipilih menjadi lokasi kegiatan workshop dalam rangka memaksimalkan peran operator dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Acara tersebut diselenggaralan oleh Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Cerdas Kecamatan Cilodong, Kamis (12/9/2019). Dimana, dalam kegiatan pendampingan operator dapodik tersebut, tema yang diusung adalah “Sukses Bersama Dapodik”.

Ketua PKG Cerdas Kecamatan Cilodong, Noora Sulistyawati mengatakan, kegiatan workshop tersebut adalah bantuan dari Pemkot Depok untuk operator sekolah di jenjang PAUD.

Meskipun, lanjut dia, dalam waktu yang mepet, tetapi setidaknya ada 95 operator lembaga PAUD yang ikut serta dalam pelatihan yang diadakan di ruang serba guna Pesantren Hidayatullah, Kecamatan Cilodong.

“Peran dapodik sangat penting, karena datanya terkoneksi langsung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ucapnya.

Noora menjelaskan, oleh karena itu pengetahuan operator tentang input data dapodik, harus terus diperbaharui. Itu agar segala perubahan yang ada di Kemendikbud, bisa segera diketahui oleh operator sekolah. Dapodik sangat berpengaruh pada perkembangan sekolah dan guru, dan tentu saja akan berimbas juga ke peserta didik.

“Jadi peran operator sangat penting untuk menginput data sekolah. Jadi, segala bantuan atau perhatian dari pemerintah dilihat dari dapodik yang diinput oleh operator,” terangnya.

Sementara itu, Kabid PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) di Dinas Pendidikan Kota Depok, Tatik Wijayati menuturkan, di Revolusi Industri 4.0, tentunya sekarang ini tidak terlepas dari dunia teknologi.

Oleh karena itu, kata Tatik melanjutkan, semua orang harus bisa memahami tentang penggunaan teknologi. Kemendikbud pun menerapkan hal tersebut dalam berbagai programnya, yang salah satunya adalah tentang dapodik.

“Dengan adanya dapodik, tentunya sekolah juga jadi memiliki buku besar tentang data sekolah. Jadi, jika ada permintaan data sekolah secara mendadak, pihak sekolah bisa mengambil dari buku besar tersebut,” terangnya.*/Radar Depok

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply