Ajarkan Hidup Bersih dan Sehat Islami, SD Hidayatullah Depok Semarakkan Hari Cuci Tangan

 0
Ajarkan Hidup Bersih dan Sehat Islami, SD Hidayatullah Depok Semarakkan Hari Cuci Tanganby Yacong B Halikeon.Ajarkan Hidup Bersih dan Sehat Islami, SD Hidayatullah Depok Semarakkan Hari Cuci TanganDALAM rangka membiasakan hidup bersih dan sehat islami, SD Integral Hidayatullah Depok menggelar demo praktik kebersihan mencuci tangan yang dilakukan di beranda sebelah kanan gedung sekolah. Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ust Abdurrahman Hakim yang ikut memantau langsung kegiatan tersebut, mengatakan kegiatan ini selain dalam rangka menstimulasi anak agar membiasakan hidup bersih dengan mencuci […]

DALAM rangka membiasakan hidup bersih dan sehat islami, SD Integral Hidayatullah Depok menggelar demo praktik kebersihan mencuci tangan yang dilakukan di beranda sebelah kanan gedung sekolah.

Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok, Ust Abdurrahman Hakim yang ikut memantau langsung kegiatan tersebut, mengatakan kegiatan ini selain dalam rangka menstimulasi anak agar membiasakan hidup bersih dengan mencuci tangan selepas beraktifitas, mereka juga diajarkan tentang muatan ajaran Islam yang sangat memperhatikan kebersihan.

“Menjaga kebersihan dan kesehatan itu adalah ajaran Islam yang telah dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam. Karena itu anak-anakku semua harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, diantaranya adalah dengan mencuci tangan,” katanya.

Dia mencontohkan. Sebelum kita makan, maka harus dipastikan agar tangannya sudah dicuci bersih. Jangan sampai ada noda atau kotoran seperti tanah yang melekat. Kalau tidak, nanti bisa bikin sakit perut karena adanya parasit jahat yang masuk ke tubuh dikarenakan tangan yang tercemar kotoran.

Pada kesempatan tersebut, anak-anak siswa mempraktikkan langsung cara mencuci tangan dengan benar. Tidak saja mencuci dengan benar, juga dipandu bagaimana memanfaatkan air bumi dengan hemat.

Anak-anak menerima pesan tentang pentingnya kesehatan dan juga kepedulian menjaga lingkunga seperti dalam penggunaan air. Kita harus berhemat dalam menggunakan air karena merupakan karunia Allah SWT untuk kita yang harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sebagaimana diketahui, mencuci tangan dengan bersih merupakan resep hidup sehat. Inilah tema yang diusung Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day.

Hari Cuci Tangan Sedunia yang diinisiasi Global Handwashing Partnership (GHP) diperingati setiap tahunnya pada 15 Oktober. Sejak dihelat pada 2008, Hari Cuci Tangan Sedunia mengajak gaya hidup sehat melalui mencuci tangan dengan bersih.

Tahun ini, Hari Cuci Tangan Sedunia fokus pada hubungan antara mencuci tangan dengan makanan yang meliputi nutrisi dan kebersihan makanan.

Mencuci tangan diperkirakan dapat mengurangi diare sebesar 27 hingga 48 persen. Mencuci tangan juga dapat mengurangi hilangnya nutrisi pada makanan dan mengurangi risiko stunting pada anak usia di bawah 5 tahun hingga 15 persen.

Penyakit yang ditularkan melalui makanan adalah penyebab utama kematian pada negara yang berpendapatan rendah. Kontaminasi pada makanan rentan pada wanita hamil, janin, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Penelitian menunjukkan, mencuci tangan memiliki manfaat untuk kebersihan makanan, nutrisi, dan kesehatan secara menyeluruh.(ANDI)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply